Raspberry Pi 400: Komputer Desktop Seharga $70

Raspberry Pi 4, yang diluncurkan Juni tahun lalu, memiliki peningkatan performa 40x lipat dari Raspberry Pi yang pertama kali diluncukan, sekaligus menawarkan pengalaman yang sangat berbeda dari “normal” nya penggunaan PC bagi mayoritas pengguna komputer desktop. Lebih – lebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, Raspberry Pi 4 banyak sekali digunakan sebagai pengganti PC, baik itu untuk bekerja maupun belajar dari rumah.

Raspberry Pi 400

Namun bagi pengguna, kenyamanan tidak hanya sekedar berbicara tentang performa, tapi juga ukuran dari komputer desktop itu sendiri. Lebih sedikit object / benda yang ada di meja (kerja/belajar) adalah lebih baik dan pastinya lebih nyaman.
Ada beberapa komputer klasik seperti BBC Micros, ZX Spectrums, Commodore Amigas, dll; mengintegrasikan “jeroan” komputer dengan keyboard nya langsung. Tidak ada lagi unit / case terpisah, tidak ada kabel keyboard yang mengganggu, dll.
Yang ada hanyalah sebuah komputer, catu daya / power supply dan monitor, plus mouse.

Raspberry Pi 400

Raspberry Pi meminjam ide kenyamanan / kepraktisan tersebut dan mengadopsinya menjadi produk baru yang diberi nama Raspberry Pi 400: sebuah Raspberry Pi yang lebih cepat dan lebih baik, dengan “membungkus” Raspberry Pi 4 versi 4GB dan mengintegrasikannya dengan keyboard yang kompak.
Dihargai $70 untuk komputernya sendiri dan $100 berikut asesoris seperti mouse, kabel HDMI, dll. Harga yang cukup terjangkau untuk komputer yang dapat digunakan sehari – hari.

Raspberry Pi 400

Beli kit-nya

Kit Raspberry Pi 400 Personal Computer menawarkan pengalaman penggunaan komputer yang terbaik karena sangat praktis karena cukup memasangkan ke monitor atau TV. Kit-nya sendiri terdiri dari:

  • Raspberry Pi 400
  • USB mouse resmi Raspberry Pi
  • Catu daya / power supply melalui USB-C resmi Raspberry Pi
  • Sebuah SD card yang telah berisikan OS Raspberry Pi
  • Kabel micro HDMI ke HDMI
  • Panduan resmi penggunaan Raspberry Pi untuk pemula
Raspberry Pi 400

Beli komputernya saja

Untuk menghemat, pengguna bisa juga membeli komputernya saja. Terutama apabila pengguna telah memiliki sendiri asesoris seperti mouse, SD card, kabel HDMI. Harga unit komputernya saja $70.

Raspberry Pi 400

Dimana bisa mendapatkan Raspberry Pi 400?

Untuk Inggris, Amerika dan Perancis, baik kit maupun unit komputer Raspberry Pi 400 telah tersedia saat ini. Berikutnya Italia, German dan Spanyol segera menyusul dan diharapkan tersedia di reseller – reseller resmi Raspberry Pi minggu depan.

Untuk India, Australia dan Selandia Baru, diproyeksikan tersedia pada akhir tahun ini.


Sumber:
Raspberry Pi 400: the $70 desktop PC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *