Raspberry Pi 4: CPU Lebih Cepat, RAM Lebih Besar Dan Kini Mendukung Dual Monitor!

Hari ini secara resmi diluncurkan generasi terbaru dari keluarga Raspberry Pi, yaitu Raspberry Pi 4 Model B. Raspberry Pi terbaru ini diklaim memiliki performa yang jauh lebih baik dibanding seri/model terdahulu, bahkan performanya dianggap setara dengan komputer x86 di kelas entry-level.

Raspberry Pi model terbaru ini dibuat berbasiskan SoC Broadcom BCM2711, yang ditenagai oleh 4 core CPU Cortex A72 dengan kecepatan 1.5GHz. Cortex A72 ini walaupun sama – sama memiliki 4 core dengan Cortex A53 (digunakan pada Raspberry Pi 3) namun memiliki performa yang jauh lebih baik. Pilihan RAM juga memberikan dorongan tenaga tambahan, dimulai dengan RAM DDR4 sebesar 1GB, 2GB sampai 4GB. Sekedar me-refresh memori pembaca, Raspberry Pi 3 hanya mendukung memori 1GB.

Raspberry Pi 4

Terdapat upgrade dan tweak pada sisi I/O juga. Sekarang terdapat ethernet gigabit, 4 port USB (2 di antaranya merupakan USB 3.0). Sumber tenaga sekarang melalui USB-C (dahulu menggunakan port micro USB pada Raspberry Pi 3). Jack headphone juga kembali tersedia.

Yang menarik adalah dihilangkannya port HDMI (full-size) yang tersedia pada Raspberry Pi 3, dan digantikan dengan 2 micro port HDMI. Dengan adanya 2 micro port HDMI ini memungkinkan pengguna untuk memasang dual monitor dengan resolusi 4K. Untuk mendukung resolusi 4K, format – format multimedia telah tersedia, contoh: H.265 yang mampu men-decode video dengan format 4K60p, H.264 untuk format 1080p60 dan 1080p30, dan OpenGL ES.30

Seperti biasa, 40-pin GPIO kompatibel dengan versi sebelumnya, begitu juga dengan 2 konektor kabel flex yang masih menggunakan two-lane MIPI DSI (Display Serial Interface) dan two-lane MIPI CSI (Camera Serial Interface).
Untuk konektivitas, Raspberry Pi 4 masih mendukung WiFi 2.4GHz dan 5GHz 802.11b/g/n/ac. Bluetooth telah di-upgrade ke versi 5.0.
Pada bagian storage / penyimpanan, seperti model – model sebelumnya, untuk menggunakan Raspberry Pi 4 harus membeli secara terpisah kartu microSD.

Dari sisi harga, Raspberry Pi 4 dihargai mulai dari $35 untuk model dengan memori/RAM 1GB, $45 untuk 2GB dan $55 untuk model dengan memori 4GB.


Sumber:
The Raspberry Pi 4 brings faster CPU, up to 4GB of RAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =