Raspberry Pi Pico, Board Seharga $4 Dengan Microcontroller Custom Dari Yayasan Raspberry Pi

Hampir 12 tahun sejak peluncuran perdana komputer mini Raspberry Pi, dengan penggunaan yang beragam, mulai dari kamera custom sampai alat sortir mentimun. Kini Raspberry Pi melangkah lebih jauh dengan masuk ke produk microcontroller, dengan merilis RP2040, sebuah microcontroller custom sekaligus mengeluarkan board Raspberry Pi Pico, dengan harga yang sangat terjangkau yaitu $4; yang diklaim cukup mumpuni untuk digunakan (bahkan) untuk proyek yang membutuhkan resource cukup besar seperti machine learning.

Raspberry Pi Pico
Raspberry Pi Pico

Pada blog post perkenalan produk yang dirilis oleh Raspberry Pi, dijelaskan bahwa setelah sekian lamanya meluncurkan produk komputer mini, yang telah terjual lebih dari 30 juta unit di seluruh dunia dan digunakan pada begitu banyak proyek IoT:

Raspberry Pi mampu menangani kebutuhan komputasi yang berat, menyediakan akses ke jaringan dan ruang penyimpanan, dan di waktu bersamaan microcontroller yang digunakan juga mampu untuk menangani task dari input analog, I/O dengan latensi yang rendah, termasuk juga mampu beroperasi dalam mode standby yang mengkonsumsi daya listrik yang sangat rendah.

https://www.raspberrypi.org/blog/raspberry-pi-silicon-pico-now-on-sale/
Raspberry Pi Pico

Kini Raspberry Pi memiliki microcontrollernya sendiri.

Raspberry Pi Pico, board terbaru yang dirilis oleh Raspberry Pi, ditenagai oleh chip custom yang didesain sendiri oleh Yayasan Raspberry Pi, yang dinamakan RP2040. Selain ditenagai oleh chip RP2040, Pico memiliki flash memory sebesar 2MB, tombol yang dapat diklik, port micro USB tipe B. Berikut spesifikasi lengkap Pico:

  • Dual-core Arm Cortex-M0+ @ 133MHz
  • 264KB (remember kilobytes?) of on-chip RAM
  • Support for up to 16MB of off-chip Flash memory via dedicated QSPI bus
  • DMA controller
  • Interpolator and integer divider peripherals
  • 30 GPIO pins, 4 of which can be used as analogue inputs
  • 2 × UARTs, 2 × SPI controllers, and 2 × I2C controllers
  • 16 × PWM channels
  • 1 × USB 1.1 controller and PHY, with host and device support
  • 8 × Raspberry Pi Programmable I/O (PIO) state machines
  • USB mass-storage boot mode with UF2 support, for drag-and-drop programming

Spesifikasi di atas mungkin terlihat biasa saja, namun ilustrasi terbaik yang bisa diberikan untuk menunjukan potensi besar dari penggunaan board Raspberry Pi Pico atau chip RP2040 itu sendiri adalah kerjasama dengan perusahaan besar seperti Arduino, Adafruit dan Pimoroni. Saat ini saja sudah terdapat beberapa blog post yang membahasa penggunaan board Pico atau chip RP2040 pada produk seperti PicoSystem dari Pimoroni atau Feather board RP2040 dari Adafruit atau bahkan Nano RP2040 connect yang dirilis oleh Arduino.

Board Raspberry Pi Pico telah tersedia di reseller – reseller terdaftar seharga $4. Microcontroller RP2040 sendiri akan diberikan secara gratis sebagai bundle dari majalah HackSpace edisi Februari.


Sumber:
The Raspberry Pi Pico is a tiny $4 microcontroller running off the company’s very own chip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − six =