Menampilkan Statistik RaspAP Dengan Modul Mini PiTFT

Adafruit Mini PiTFT adalah suatu modul tampilan / display berwarna, yang memiliki ukuran 135×240 dengan harga yang terjangkau. Modul PiTFT terhubungkan dengan Raspberry Pi melalui header GPIO 2×20 yang terdapat pada Raspberry Pi.
PiTFT dapat langsung digunakan, pengguna tidak perlu menyolder pin apapun, sehingga sangat memudahkan untuk digunakan.
Harganya yang relatif murah, ukurannya yang kompak dan pas dengan Raspberry Pi dan warna yang dihasilkan juga cukup cerah menjadikan PiTFT salah satu modul tampilan yang paling banyak digunakan oleh pengguna Raspberry Pi.
Dan kali ini kita akan gunakan PiTFT sebagai tampilan pada Raspberry Pi yang difungsikan sebagai RaspAP, yaitu access point WiFi untuk mendistribusikan jaringan internet melalui Raspberry Pi.

Untuk menggunakan modul tampilan ini cukup mudah, yaitu cukup menggunakan library CircuitPython dari Adafruit untuk chipset ST7789. Untuk kebutuhan tampilan dari PiTFT, yaitu berupa statistik dari RaspAP, kita akan gunakan library imaging Python (PIL). Ukuran yang kompak dari PiTFT sebenarnya dapat juga digunakan bersama Raspberry Pi Zero W, namun untuk kebutuhan tutorial kita kali ini, kita akan menggunakan Raspberry Pi model 4.

Modul Adafruit PiTFT
Modul Adafruit PiTFT

Setup

Setelah PiTFT dipasang ke pin GPIO Raspberry Pi, silahkan ikuti panduan Python dari Adafruit. Jangan lupa pastikan Serial Peripheral Interface (SPI) statusnya sudah enabled di Raspberry Pi dan di dalam Raspberry Pi sudah diinstall Python 3.

Check status SPI apakah sudah enabled pada Raspberry Pi dengan mengetikan perintah: grep "^dt.*" /boot/config.txt:

dtparam=spi=on
...

Kalau tulisan / tampilan di atas tidak muncul, silahkan edit file config.txt pada direktori /boot dengan mengetikan perintah:sudo nano /boot/config.txt, tambahkan baris kode di atas (dtparam=spi=on) pada file, kemudian simpan file dan reboot Raspberry Pi.

Lanjutkan dengan menginstall paket RaspAP dengan menjalankan script installer sebagai berikut:

curl -sL https://install.raspap.com | bash

Atau bisa juga dengan mengikuti panduan installasi secara manual sebagai berikut.

Setelah selesai mengunduh dan menginstall beberapa paket yang dibutuhkan, lanjutkan dengan menjalankan script stats.py dari RaspAP berikut sudo python3 stats.py. PiTFT akan menampilkan ringkasan status dari RaspAP, seperti berikut:

RaspAP Network Status
RaspAP Network Status

Script akan terus menerus melakukan update tampilan tiap 100 millisecond. Untuk menghentikan script, cukup tekan CTRL+C.

Menjalankan Script Pada Saat Booting

Untuk menjalankan script RaspAP di atas pada saat Raspberry Pi booting / jalan pertama kali, cukup mudah. Ada beberapa cara untuk ini, namun cara yang paling mudah adalah dengan mengedit file /etc/rc.local. Kita asumsikan proses installasi di atas dilakukan apa adanya dan tanpa modifikasi tertentu, maka script stats.py akan ada pada /var/www/html/app/pitft/stats.py. Kita akan coba salin script tersebut ke direktori home dari user Raspberry Pi (yang digunakan) dengan mengetikan perintah cp stats.py /home/pi. Terakhir edit file rc.local dengan cara sudo nano /etc/rc.local dan tambahkan baris berikut sebelum baris yang berisikan exit 0:

sudo /usr/bin/python3 /home/pi/stats.py &
exit 0

Simpan dan keluar dari editor, jangan lupa reboot Raspberry Pi untuk memastikan script benar – benar dijalankan pada saat Raspberry Pi booting pertama kali.


Sumber:
Mini PiTFT stats display

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 14 =