BeagleBone AI, SBC Dengan SoC Dual Cortex-A15 TI AM5729

Situs resmi BeagleBoard merilis informasi mengenai versi terbaru dari BeagleBone, yaitu BeagleBone AI. SBC (Single Board Computer) yang ditenagai oleh dual Cortex-A15 TI AM5729, 1G RAM, 16 GB eMMC, WiFi dan GBe ini menawarkan dukungan terhadap AI (Artificial Intelligence) melalui dual C66x DSP dan 4x EVE core.

Saat Texas Instruments mengumumkan peluncuran SoC quad-core Cortex-A53 AM65x pada tahun lalu, banyak yang menebak – nebak apakah SoC ini yang akan digunakan di generasi terbaru dari BeagleBone Black. Tebakan ini nyatanya salah, SBC BeagleBone AI lah yang menggunakan SoC terbaru dual Cortex-A15 Sitara AM5729. Berbeda dari SoC AM57x seperti AM5728 yang menjadi “otak” dari BeagleBoard-X15, AM5729 memiliki 4 core EVE (Embedded Vision Engine) yang dapat digunakan untuk pemrosesan AI.

Prototipe BeagleBone AI
Prototipe BeagleBone AI

Tidak ada data mengenai clock rate dari AM5729, tetapi AM5728 memiliki clock rate sebesar 1.5Ghz. AM5729 memiliki fitur – fitur yang telah ada pada SoC terdahulunya, seperti PowerVR SGX544 3D GPU dan Vivante GC320 Core 2D accelerator, seperti kami kutip dari TechRepublic.

Berdasarkan informasi produk yang terbatas di situs resmi BeagleBoard.org, diketahui SoC ini dapat menjalankan kode program yang digunakan untuk AI, melalui dual TI C66x DSP dan 4 core EVE. Seluruh AI-enabled chip ini mendukung TIDL machine learning OpenCL API.

BeagleBoard mengklaim bahwa performa kalkulasi untuk computer-vision models pada AM5729 meningkat 8x lebih cepat dibandingkan dengan seri AM5728 yang tidak memiliki Embedded Vision Engine. EVE didisain oleh TI untuk aplikasi automotive vision melalui arsitektur Vision AcclerationPac. White papernya dapat dibaca pada link berikut.

 Arsitektur TI Vision AcclerationPac architecture dengan 4 core EVE
Arsitektur TI Vision AcclerationPac architecture dengan 4 core EVE

Seperti SBC BeagleBone lainnya, yang ditenagai oleh prosesor Cortex-A8 yang berbasiskan Sitara AM3358; tersedia juga 4 programmable dan real-time PRU core.

SBC BeagleBone AI melipatgandakan RAM hingga 1G dan meningkatkan kapasitas penyimpanan eMMC hingga 16GB. SBC ini dilengkapi juga dengan GbE, WiFi dengan kecepatan tinggi dan tidak lupa USB port tipe A dan C.

BeagleBone AI menawarkan kompatibilitas dengan BeagleBone Black pada bagian header dan mechanical. OS yang didukung “out-of-box” tetap sama, yaitu Linux dan memiliki spesifikasi terbuka.
SBC ini ditargetkan untuk digunakan pada “otomasi di industri, area – area komersial dan aplikasi IoT pada rumah”, dikutip dari BeagleBoard.org


Sumber:
BeagleBone AI SBC features dual -A15 SoC with “EVE” AI coresBeagleBone AI SBC features dual -A15 SoC with “EVE” AI cores

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + three =