Pertegas Fokus Di IoT, Microsoft Mengakuisi Express Logic

Tepat setahun setelah Microsoft mengumumkan investasi sebesar 5 miliar dollar di IoT, Microsoft kembali mengungkapkan rencana besarnya. Diberitakan bahwa Microsoft telah mengakuisisi Express Logic, sebuah perusahaan berbasis di San Diego, yang merupakan perusahaan pengembang sistem operasi real-time atau RTOS dan produk – produk middleware lainnya, yang dikhususkan untuk aplikasi IoT.

Sam George, Direktur dari Microsoft yang mengepalai pengembangan Azure IoT, menulis di blog perusahaan bahwa dengan akuisisi tersebut diharapkan mampu untuk membuka akses ke miliaran titik koneksi baru.

Microsoft's Express Logic acquisition
Microsoft’s Express Logic acquisition

Sistem ThreadX RTOS yang dikembangkan oleh Express Logic, telah digunakan oleh lebih dari 6.2 miliar perangkat di seluruh dunia; seperti dilansir oleh VDC Research.

George mengatakan bahwa banyaknya jumlah pengguna ThreadX RTOS adalah akibat dari permintaan akan teknologi yang mampu mendukung lingkungan dengan sumber daya / resource yang terbatas, termasuk di dalamnya ialah perusahaan manufaktur yang memproduksi produk, mulai dari sensor dengan kemampuan terbatas untuk keperluan deteksi cahaya pada bohlam, deteksi suhu / temperatur pada mesin pendingin ruangan, peralatan medis sampai perangkat jaringan

Microsoft tidak mengumumkan hal – hal detail seperti nilai akuisisi, dll terkait proses akuisisi itu sendiri

William E. Lamie, CEO dari Express Logic, dalam surat kepada para pelanggannya mengatakan bahwa sejalan dengan proses akuisisi, tim teknis dari Express Logic akan bergabung dengan Microsoft untuk mendukung layanan premier mereka terkait keamanan di microcontroller

“Kami akan terus melanjutkan layanan kami yang mempermudah proses pengembangan solusi IoT“, dikatakan oleh William E. Lamie.

Express Logic, mulai beroperasi pada tahun 1996 dan telah mengembangkan produk dengan grade industri selama lebih dari 23 tahun. Dalam memilih partner di IoT, Microsoft secara jelas telah memberi sinyal bahwa perusahaan akan memberikan fokus lebih kepada penelitian dan pengembangan produk – produk terkait IoT.

George mengatakan bahwa RTOS ThreadX dari Express Logic akan tersedia sebagai pilihan untuk pemrosesan data secara real-time pada perangkat yang mendukung Azure Sphere dan sekaligus memungkinkan perangkat – perangkat yang menggunakan ThreadX untuk terhubung langsung dengan Azure IoT Edge

Azure Sphere adalah sistem operasi besutan Microsoft yang berjalan di atas sistem operasi Linux, yang dikembangkan khusus untuk aplikasi – aplikasi IoT.

“Walaupun kami merekomendasikan Azure Sphere untuk pelanggan kami yang membutuhkan perangkat mereka terhubungkan dengan cloud dengan aman; pada perangkat dimana Azure Sphere tidak memungkinkan untuk digunakan, kami merekomendasikan ThreadX RTOS sebagai sistem operasi real-time karena pengguna dapat menggunakan ThreadX RTOS dan terhubungkan langsung dengan Azure IoT Hub.” dikatakan oleh George.

Sebelum mengakuisisi Express Logic, Microsoft telah mengadakan kerjasama dengan perusahaan – perusahaan besar seperti DJI, SAP, PTC, Qualcomm dan terkenal seperti universitas Carnegie Mellon untuk pengembangan aplikasi IoT dan program – program inovatif lainnya, dikatakan oleh George.



Sumber:
As IoT push deepens, Microsoft acquires Express Logic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 16 =