Gateway IoT Berbasiskan Raspberry Pi Dengan Dukungan Zigbee, Z-Wave dan LoRa

Newark Element14, sebuah perusahaan distribusi komponen elektronika berbasiskan di Chicago, Amerika; bekerjasama sama dengan Avnet untuk pengembangan produk “SmartEdge Industrial IoT Gateway”. Produk yang berbasiskan Raspberry Pi ini, memiliki 2 port Ethernet, WiFi/BT, CAN, serial dan yang Zigbee, Z-Wave atau LoRa (disediakan secara terpisah).

Avnet yang tahun lalu telah meluncurkan Zynq UltraScale+, yang berbasiskan Ultra96 96Boards CE SBC, tahun ini mengumumkan rencana peluncuran “SmartEdge Industrial IoT Gateway” pada gelaran CES awal Januari lalu. Dan pada perhelatan Embedded World pekan lalu, Premier Farnell memberikan detail rinci dari gateway IoT ini. Gateway IoT ini rencananya akan diluncurkan pada musim panas ini dan akan didistribusikan oleh Newark Element14 untuk Amerika utara dan Farnell Element14 untuk Eropa.

 Avnet SmartEdge Industrial IoT Gateway
Avnet SmartEdge Industrial IoT Gateway

Gateway IoT dengan klasifikasi industrial ini akan mendukung platform IoT Connect yang dimiliki oleh Avnet, yang memampukan pengguna untuk terhubung ke Microsoft Azure. Sebagai tambahan, beberapa aplikasi industri seperti remote monitoring, predictive maintenance, process control dan automation telah tersedia pada IoT gateway ini dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

Premier Farnell tidak menjelaskan secara spesifik tipe Raspberry Pi apa yang digunakan sebagai basis dari gateway IoT ini, namun apabila dilihat dari dukungan WiFi, hampir dapat dipastikan Raspberry Pi yang digunakan adalah Raspberry Pi 3 model B. Dari spesifikasi teknis hardware, dapat dilihat juga bahwa gateway IoT ini juga memiliki 8GB eMMC, port HDMI, dan chip TPM 2.0 untuk security; melalui foto – foto yang dirilis, dapat terlihat juga bahwa gateway IoT ini memiliki 2 port USB dan baterai ukuran koin untuk RTC.

Untuk komunikasi, gateway IoT ini mendukung dual port 10/100 Ethernet, 2.4Ghz WiFi dan BLE 4.2 yang telah terintegrasi dengan antena. Selain itu juga telah disediakan antar-muka/interface mini-PCIe untuk modem selular (opsional). Yang tidak kalah menarik adalah disediakannya “port” untuk asesoris internal (opsional) seperti Zigbee, Z-Wave atau LoRA.

Dari sistemnya sendiri telah mendukung CAN-BUS dan interface RS232/485 untuk komunikasi dengan protokol ModBus dan DeviceNet. Selain itu juga disediakan expansion header 40pin untuk mendukung Raspberry Pi HAT. Gateway IoT ini ditenagai oleh sumber daya 12-24V DC.



Sumber:
Raspberry Pi based IoT gateway offers optional cellular, Zigbee, Z-Wave, or LoRa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 8 =