Memperkenalkan BeagleBone™ Black Wireless, Varian Terbaru Board BeagleBone

BeagleBone™ Black, salah satu single-board computer paling populer asal Amerika baru saja merilis versi terbaru yaitu yang telah mendukung 802.11 b/g/n 2.4GHz WiFi dan Bluetooth.

BeagleBone Black Wireless

Masih menggunakan desain hardware BeagleBone™ Black, versi wireless dari BeagleBone™ Black diproduksi bekerjasama dengan Octavo Systems. Sebagai informasi, port ethernet yang ada pada versi terdahulu dihilangkan dan digantikan dengan modul WiFi 802.11 b/g/n 2.4 GHz, yang juga disertai dengan Bluetooth. Fitur – fitur yang lain tetap dipertahankan, seperti output HDMI, port serial debug, interface USB, tombol power, dst. Sebagai tambahan akan ada 2 LED status baru, yaitu LED status untuk WiFi dan Bluetooth.
Pada modul eMMC sebesar 4GB, telah disertakan distribusi Linux Debian (pre-installed). Dikatakan hanya dibutuhkan 10 detik untuk proses booting. 

BeagleBone™ Black Wireless menggunakan chip Octavo Systems OSD3358 SiP. Yang menarik dari modul Octavo Systems OSD3358 SIP adalah tipe permukaan dari modulnya, yaitu BGA (Ball Grid Array), hal ini mempermudah proses integrasi modul wireless ke board BeagleBone.
(Link youtube berikut memberikan gambaran bagaimana mudahnya memasang / mengintegrasikan modul ke board) 

Key Features BeagleBone™ Black Wireless:

  • Menggunakan modul Octavo Systems OSD3358, yang telah terintegrasi dengan prosesor TI AM335x 1GHz, 512MB DDR3 RAM, power management dan mendukung lebih dari 100 passive devices dalam 1 board.
  • Desain hardware (open source) dibuat dengan menggunakan CadSoft EAGLE, sehingga memudahkan proses modifikasi atau kustomisasi.
  • Kompatibel dengan BeagleBone™ Black, hanya ditambahkan modul TI® WiLink 8 WL1835MOD 802.11b/g/n 2.4GHz WiFi, Bluetooth dan modul Bluetooth Smart Module untuk hasil yang lebih maksimal dalam komunikasi wireless.

 
Sumber: Meet BeagleBone™ Black Wireless, the newest board in the BeagleBone™ family

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *