Cerita Yang Terlupakan: Wiring, Pendahulu Arduino

Artikel dari Hackaday berikut ini cukup menarik untuk dibaca. Artikel yang membahas tentang asal – usul Arduino dan intrik – intrik yang terjadi di belakangnya.

Hernando Barragán adalah bapak penemu Arduino yang mungkin belom pernah kita dengar, yang akhirnya muncul ke permukaan setelah sekian lamanya diam. Dalam dokumentasi yang dipublikasikan di Github, Hernando berusaha menjelaskan sejarah perjalanan panjang Arduino dan bagaimana Wiring memiliki peran yang sangat penting di dalamnya.

Wiring, mungkin juga belom pernah kita dengar, adalah asal muasal dari fungsi yang sangat sering kita jumpai di IDE Arduino, yaitu digitalWrite(). Dan yang mungkin lebih penting lagi adalah Wiring adalah ide awal dari pembuatan platform untuk membangun microcontroller secara mudah (seperti yang ada saat ini).

screenshots_comparo

Versi sederhana dari sejarah tentang Arduino adalah bahwa Arduino merupakan pengembangan dari software Wiring, yang dikemas ulang dan berjalan di atas platform yang desainnya dipinjam dari board Wiring. Mengenai apakah ini legal atau tidak atau bahkan bagaimana hal ini dipandang dari sudut etika bukan issue yang hendak dibahas.
Wiring dibangun dengan kode terbuka (opensource) baik dari sisi software maupun hardware, jadi bisa dikatakan Massimo Banzi meniru / mengambil ide dari Wiring (seperti halnya orang lain).

Cerita tentang Arduino, dari perspektif Barragán adalah sebuah kecelakaan yang sering kali terjadi dimana seorang mahasiswa memiliki ide besar dan salah satu dari dosen / profesor pembimbing mengambil ide tersebut dan meneruskannya sendiri.

Awal dari kisah ini dimulai pada tahun 2003 dimana Barragán masih berstatus sebagai mahasiswa S2 di Institute Desain dan Interaksi Ivrea (IDII).  Barragán terinspirasi oleh Casey Reas, salah seorang dari penemu Processing.

Di saat yang bersamaan, Massimo Banzi mengajar di kelas microcontroller untuk desainer di Ivrea menggunakan board berbasiskan PIC, yang dinamakan Programma2003, dengan menggunakan bahasa pemrograman yang mungkin belom pernah anda denar, yaitu JAL: Just Another Language. Pada saat itu, belom ada dukungan GCC untuk platform PIC. Lebih buruknya lagi, saat itu banyak mahasiswa yang menggunakan Mac tetapi JAL sendiri hanya bisa berjalan di atas Windows.

Dari Wiring ke Arduino

wiringboard-assembledPada tahun 2004, Barragán memiliki beberapa prototipe dari Wiring. Barragán dan beberapa rekan mahasiswanya menggunakan prototipe ini untuk beberapa proyek pribadi.  Kalau dilihat tampilan atau GUI dari proyek yang dikembangkan ini sangat mirip dengan yang kita gunakan saat ini di Processing atau Arduino. Kenapa mirip dengan Processing? Karena saat itu para mahasiswa sangat akrab dengan Processing, oleh karenanya sangat masuk akal apabila untuk pengembangan proyek ini mengambil ide dari Processing. Saat itu Barragán mengembangkan program yang mungkin sangat akrab di telinga kita, yaitu Blink.

Saat itu Barragán membutuhkan seorang penasehat di Ivrea, dan tentu saja ketertarikannya akan pengembangan microcontroller sejalan dengan Massimo Banzi. Dengan dukungan dari Reas, Barragán memilih Banzi sebagai penasehat / pembimbingnya. Melalui Banzi dan 3 orang anggota dari fakultas, platform Wiring sukses dijalankan untuk pertama kalinya. Test pertama ini meraih kesuksesan yang besar.

Barragán lulus pada tahun 2004 dan kembali ke Colombia. Atas dasar kesuksesan proyek Barragán, Banzi memutuskan untuk menghentikan penggunaan Programma2003 sekaligus memutuskan untuk menggunakan Wiring.

arduinoprototype1

Banzi melanjutkan Wiring ke proyek Arduino dengan alasan ingin membuat sebuah board yang lebih murah dari Wiring. Banzi mengganti microcontroller ATmega128 dengan versi lain yang lebih murah dan kecil. Lebih lanjut Banzi juga membuang bagian – bagian yang dianggap tidak penting seperti LED power. Proyek inilah yang nantinya akan menjadi board versi lite dari Wiring dan akhirnya akan menjadi board prototipe Arduino pertama.

Kisah selanjutnya lebih kepada keberuntungan dan akses yang jauh lebih luas yang dimiliki Banzi, dan bagaimana Arduino dipasarkan dengan cara yang lebih baik.
Sebagai seorang pengembang (software dan hardware) opensource, Barragán mungkin terlalu naif, karena berharap mendapatkan kredit / penghargaan yang lebih dari pembimbingnya terdahulu. Pernah suatu kali Barragán bertanya kenapa Arduino mengambil Wiring sebagai model dan bukannya mengembangkan sendiri (berdasarkan prototipe Banzi terdahulu)?

Jawabannya mungkin sudah bisa ditebak 🙂
Sumber: WIRING WAS ARDUINO BEFORE ARDUINO

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − 10 =