4 Proyek Eksperimental Mozilla Untuk IoT

Desember tahun lalu Mozilla mengeluarkan pernyataan yang mungkin sudah diduga sebelumnya, yaitu Mozilla akan berhenti mengembangkan Firefox OS untuk smartphone. Keputusan yang cukup masuk akal, mengingat nyaris mustahilnya mengalahkan hegemoni Android atau iOS.

Kali ini Mozilla mengarahkan fokus untuk Firefox OS, yang semula ditargetkan untuk smartphone ke connected-devices. Ada 4 proyek utama (eksperimental) berkaitan dengan perubahan fokus ini:

  • Project Link:
    Ditujukan sebagai personal user agent. Dimana proyek Link ini akan memberikan kemampuan untuk menganalisa bagaimana pengguna berinteraksi dengan device yang ada di rumah pengguna dan sekaligus melakukan otomatisasi terhadap device tersebut.
  • Project Sensor Web:
    Sebuah proyek perdana untuk memungkinkan sensor untuk memiliki kemampuan menganalisa lingkungan sekitarnya
  • Project Smart Home:
    Sebuah proyek yang bertujuan menjadi perantara antara solusi komersil IoT yang sifatnya sudah tersedia dan tinggal digunakan dengan solusi DIY (Do It Yourself), dimana pengguna membangun / merakit sendiri solusi IoT yang diinginkan (contoh: membuat solusi ON/OFF secara remote untuk device / perlengkapan rumah tangga, seperti: lampu, AC, microwave, dst).
  • Project Vaani:

    Vaani-music-iac-proposal1
    Sebuah paket yang dikemas oleh Mozilla, yang memungkinkan developer, pembuat smart device dan pengguna lainnya yang  ingin membangun solusi IoT dengan memanfaatkan interface suara / berinteraksi dengan melalui suara.

Sumber: Mozilla details first round of IoT projects

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + 14 =