SIGFOX Mengumumkan Kerjasama Dengan Microsoft Azure IoT Hub

Firma telekomunikasi nirkabel asal Perancis, SIGFOX mengumumkan kerjasama dengan Microsoft terkait penggunaan Azure Internet of Things (IoT) hub.

Dengan adanya kerjasama ini, pelanggan SIGFOX dapat menggunakan Microsoft Azure IoT sebagai solusi analisa data secara real-time berikut otomasi untuk alat – alat / device yang terhubungkan dengan jaringan LPWAN SIGFOX.

“Integrasi dengan Microsoft Azure IoT hub pada cloud SIGFOX merupakan kunci dari evolusi IoT kami. Kami menyediakan pelanggan kami sebuah pilihan hebat investasi untuk membangun jumlah besar resource (device – device IoT) dan sekaligus mengelola data yang besar.” seperti dikatakan oleh Stuart Lodge, VP SIGFOX untuk penjualan global kepada Business Wire.

hand pushing connection button on touch screen

Jaringan SIGFOX telah tersedia di 14 negara

Saat ini SIGFOX telah meyediakan layanan kepada 14 negara, diantaranya Inggris, Perancis dan Amerika Serikat. SIGFOX melakukan instalasi base station dalam ukuran kecil yang digunakan untuk menghubungkan device IoT dengan jaringan SIGFOX dan menggunakan frekuensi 900 MHz untuk komunikasi data (hanya 100 bits / detik). Keuntungan dari penggunaan tenaga listrik yang kecil memungkinkan device – device IoT dapat beroperasi hingga beebrapa tahun, hanya dengan ditenagai oleh sebuah baterai. Hal ini menjadi penting bagi planggan yang ingin menghubungkan device – device IoT yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan.

“Kolaborasi kami dengan SIGFOX memungkinkan pengguna Microsoft Azure IoT untuk memanfaatkan jaringan SIGFOX.” dikatakan oleh Steve Guggenheimer, VP Microsoft untuk developer platform.

Sebagai tambahan, Microsoft dan SIGFOX dilaporkan juga telah bekerjasama untuk menyelenggarakan hackaton dengan tema “Connect Your City” di San Fransisco. Event ini ditujukan kepada developer atau pengembang software untuk membuat sebuah rancang bangun / prototipe yang terhubung dengan jaringan SIGFOX. Bagi para pemenang, aplikasi / solusi yang dibangun akan langsung diinstalasikan di beberapa titik di San Fransisco.

Pengumuman kerjasama ini sendiri dibawakan pada konferensi BUILD, dimana Microsoft meluncurkan starter kit Azure IoT.

 
Sumber: Sigfox collaborating with Microsoft’s Azure IoT Hub

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + fifteen =