Amazon Meluncurkan IoT Button Untuk Developer Dan Penggiat IoT

Versi “developer” dari Dash Button Amazon baru saja diluncurkan. Berbeda dengan Dash Button terdahulu, dimana pengguna Dash Button dimungkinkan untuk memesan produk (hingga 100 jenis produk) melalui 1x tekan tombol dan produk yang dipesan tersebut akan langsung dikirimkan ke alamat yang telah ditentukan sebelumnya; Dash Button yang diluncurkan kali ini lebih ditujukan untuk developer dan penggiat IoT.

IoT Button Amazon ini memang memiliki fasilitas untuk diprogram terlebih dahulu dan developer IoT dapat dengan mudah mengintegrasikan solusi IoT yang dibangun ke beberapa API populer seperti API dari Twitter, Facebook atau bahkan API yang disediakan oleh Uber.

Sejak diluncurkannya Dash Button pada bulan Maret 2015 lalu, para developer dan penggiat IoT meminta Amazon sudah memfasilitasi kebutuhan mereka (selain kemampuan memesan produk dari Amazon), dan yang terutama adalah kemampuan untuk diprogram untuk mengakses API tertentu.

Cara kerja IoT Button ini sendiri cukup sederhana, yaitu tiap tombol ini akan terhubungkan langsung ke AWS cloud Amazon melalui jaringan Wifi. Amazon mengatakan bahwa IoT Button yang mereka luncurkan memang didesain supaya mudah untuk digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Satu hal yang patut diperhatikan dan ini sekaligus menjadi kekurangan dari IoT Button Amazon, yaitu usia dari baterainya.
IoT Button Amazon ini didesain hanya mampu untuk beroperasi hingga 1000x (tombol ditekan oleh pengguna sebanyak 1000x). Saat baterai habis, pengguna tidak dapat mengganti baterai atau melakukan apapun selain mengganti IoT Button yang dimiliki. Untuk beberapa kasus, tentunya ini sangat mengganggu.

Harga awal IoT Button ini adalah $19.95 dan mulai didistribusikan sejak tanggal 15 Mei 2016, yang menarik adalah hanya dalam rentang waktu beberapa jam sejak peluncuran IoT Button ini sudah sold out.

 
Sumber: Amazon now has a programmable Dash Button for the IoT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + sixteen =