Wolfram Research Mentransformasi Ubuntu Phone Menjadi Device IoT

Melanjutkan post Phonvert, sebuah gerakan yang diprakarsai oleh Tomo Kihara; post kali ini akan membahas proyek serupa, yaitu proyek untuk mengubah smartphone berbasiskan Ubuntu untuk menjadi node IoT. Proyek ini sendiri di-inisiasi oleh Wolfram Research (sebuah perusahaan yang membangun Mathematica) bekerjasama dengan Canonical.

Melalui proyek ini, smartphone Ubuntu dimampukan untuk mengirimkan data – data seperti lokasi, akselerasi, rotasi dan intensitas cahaya langsung ke repositori data berbasiskan cloud yang telah dibangun oleh Wolfram, Data Drop.

Wolfram sendiri telah meluncurkan Data Drop tahun lalu. Data Drop ditujukan sebagai solusi penyimpanan data bagi device IoT. Platform ini sendiri sejatinya dirancang untuk penyimpanan data yang dikumpulkan dari email, Twitter, web form, microcontroller seperti Arduino atau SoC seperti Raspberry Pi; namun dukungan terhadap sumber data yang baru, yaitu smartphone baru mulai dimasukan baru – baru ini.

Bersamaan dengan peluncuran proyek Data Drop ini, Wolfram dan Canonical juga menggelar kompetisi pembuatan aplikasi Data Drop di Twitter dengan hashtag #UbuntuWolfram

Sumber: Wolfram Research turns your Ubuntu phone into an IoT sensor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − one =