Rilis Teensy 4.1, Kini Mendukung 100 Mbps Ethernet, High-Speed USB dan 8 MB Flash

Agustus tahun lalu, PJRC meluncurkan Teensy 4.0, development board tercepat di muka bumi dan rekor itu belom pecah hingga saat ini. Diluncurkannya Teensy 4.1 yang masih menggunakan ARM Cortex M7 dengan clock 600 MHZ, namun dipersenjatai dengan lebih banyak lagi peripheral, memory dan GPIO. Karena fitur – fitur tambahan ini, ukuran fisik Teensy 4.1 menjadi memanjang, menjadi seukuran Teensy 3.5/3.6.

Dari sisi harga Teensy 4.0 memiliki label harga $19.95, Teensy 4.1 dijual sedikit lebih mahal, yaitu harga $26.85. Teensy 4.1 tidak ditujukan sebagai pengganti Teensy 4.0 karena marketnya memang berbeda. Untuk yang sedang mencari development board yang sangat murah, yang memiliki ‘standar kualitas’ Teensy maka pilihan yang paling tepat adalah Teensy 4.0. Untuk yang membutuhkan fitur – fitur tambahan seperti dibahas di atas dan tidak memiliki masalah dengan ukuran fisik yang panjang, maka Teensy 4.1 adalah pilihan yang paling tepat.
Pertanyaannya adalah seberapa besar?
Setelah kami hitung, ukuran dari board ini adalah 61x18mm atau 2.4×0,7″, di luar dari area jack micro-usb yang sedikit keluar dari board.

Teensy 4.1
Teensy 4.1

Sekarang saatnya kita bahas fitur – fitur yang disematkan oleh PJRC ke dalam development board ini.

100 MBPS ETHERNET

10/100 Mbit Ethernet PHY
10/100 Mbit Ethernet PHY

Mungkin fitur yang paling mencolok dan ditunggu – tunggu adalah dukungan 100 Mbps ethernet dan kini fitur ini sudah ada di Teensy 4.1. Namun sebelum dapat menggunakan ethernet, dibutuhkan jack RJ45 dan kabel yang akan menghubungkan development board dengan jack RJ45.
Mengapa dibuat/didesain seperti ini (jack RJ45 terpisah)?
Rupanya (desain) ini memang disengaja untuk pertimbangan dimensi dari PCB. Sebagai gantinya PJRC memberikan 6-pin header, yang dapat digunakan untuk menghubungkan board ke jack RJ45.
Selain pertimbangan dimensi dari PCB, ini dilakukan dengan mempertimbangkan faktor harga, supaya Teensy 4.1 tetap dapat terjangkau, khususnya bagi pengguna yang tidak membutuhkan konektivitias ethernet.

Port ethernet ini mampu beroperasi secara penuh di kecepatan 100 Mbps, dan mendukung standar IEEE 1588, yaitu protokol terkait ketepatan waktu, yang memungkinkan untuk melakukan sinkronisasi pada rentang 100 ns melalui koneksi kabel. Namun di luar dari kemampuan operasi penuh di kecepatan 100 Mbps dan dukungan standar IEEE 1588, dengan didukungnya ethernet di Teensy 4.1 sendiri merupakan hal yang spektakuler.
Sebelumnya hanya ada pilihan menggunakan, yaitu Raspberry Pi apabila membutuhkan dukungan konektivitas, yang artinya ada “beban” tambahan yaitu operating system. Atau bila tetap ingin menggunakan microcontroller (yang artinya tanpa operating system), harus menggunakan ethernet board tambahan yang terhubung dengan interface SPI.
Dengan adanya Teensy 4.1 ini, pengguna dapat memanfaatkan konektivitas melalui ethernet, dengan kecepatan tinggi dan latensi yang rendah, tanpa beban harus menginstall operating system.

PJRC sepertinya akan menjual DIY kit, untuk part – part yang sifatnya opsional, namun hingga saat ini belom diumumkan secara resmi baik tanggal maupun harganya.
Namun, tidak perlu khawatir karena pengguna dapat membuat sendiri magjack dengan memanfaatkan proyek terbuka di OSH Park. Harga magjack di OSH Park untuk pemesanan satuan adalah $2.55.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pengguna yang ingin membuat magjack di OSH Park, yaitu karena proyek terbuka tersebut masih dalam tahap awal, akan ada beberapa modifikasi yang dibutuhkan untuk dapat berjalan sempurna, sebagai contoh dibutuhkan kapasitor tambahan 0.1 uF. Paul Stoffregen, pemilik PJRC sekaligus pencipta Teensy mengatakan telah mendesain PCB yang lebih sederhana dan akan segera merilis desainnya ke OSH Park setelah melalui proses verifikasi yang menyeluruh.

Sumber:
New Teensy 4.1 Arrives with 100 Mbps Ethernet, High-Speed USB, 8 MB Flash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 20 =