Omega2, Komputer IoT Dengan WiFi Seharga $5

 

omega2

 

Proyek Omega2 dari Onion berikut menurut kami sangat menarik. Dengan hanya merogoh kocek sebesar $5 saja, pengguna dapat memiliki sebuah IoT computer yang memiliki konektivitas WiFi.
Melalui link dari Kickstarter di atas dikatakan bahwa Onion menggunakan istilah IoT computer karena memang board Omega2 telah memiliki segalanya untuk dapat diklasifikasikan sebagai sebuah komputer (spesifik untuk IoT).

Board Omega2 sendiri, hadir dalam 2 versi, yaitu Omega2 dan Omega2 Plus. Dengan perbedaan pada jumlah memory yang dimiliki, kapasitas penyimpanan data dan slot untuk microSD. Tabel berikut memberi gambaran lebih detail:

 

omega_version

 

Board Omega2 dapat dipasangkan dengan beberapa asesoris yang sifatnya opsional, seperti ekspansi untuk relay, PWM, ethernet, GPS, display OLED, bluetooth, audio, dsb.

Dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh Omega2 (dan digabungkan dengan asesoris tambahan), Omega2 dikatakan dapat digunakan untuk membangun aplikasi seperti smart home / home automation, file / media server, music streaming, dll.

 

omega2_streamingMusic streaming

omega2_wifi_extenderWifi Extender

Kampanye Board Omega2 dimulai sejak akhir Juli 2016 dan direncanakan akan mulai didistribusikan ke seluruh dunia pada tanggal 27 November 2016. Untuk timeline proyek yang lebih detail silahkan lihat di link di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 7 =