IoT Dan Kamera: Dari Kamera Pintar Ke Kamera Cerdas

camera

Apa itu (video) kamera yang cerdas?

Bayangkan video kamera yang menangkap kejadian kecelakaan di jalan tol, video kamera ini tidak berhenti hanya pada merekam kejadian yang telah terjadi namun juga mampu menghubungi pihak berwenang terkait kecelakaan / darurat. Video kamera ini sangat berguna untuk meminimalisir waktu dari terjadinya kecelakaan dan penanganan kecelakaan itu sendiri.

Sebuah video kamera dapat dikatakan cerdas apabila dia terkoneksi ke internet dan mampu menganalisa tiap kejadian yang ditangkap secara langsung (live). Kejadian yang ditangkap ini secara langsung ini mampu memutuskan untuk melakukan sesuatu tanpa bantuan / intervensi dari manusia.

 


Video kamera pemantau lalu lintas yang cerdas

Kamera pemantau lalu lintas yang cerdas tidak hanya mampu memonitor, tetapi juga mampu memecahkan masalah logistik dan membantu manusia berkendara dengan lebih baik dan aman. Kamera cerdas ini mampu memberikan notifikasi dimana tersedia area kosong untuk parkir, mampu mendeteksi pengendara yang menerobos lampu pengatur lalu lintas.
Kamera ini menjadi cerdas karena mampu menganalisa data yang ditangkap (hanya data yang dibutuhkan), yang mungkin dibutuhkan untuk bahan investigasi pada masa mendatang. Kamera cerdas mampu mengenali plat nomor kendaraan.
Bayangkan pintu garasi mampu terbuka secara otomatis saat mendeteksi plat nomor dari kendaraan pemilik rumah.

Pada video demo berikut dari IntelliVision menunjukan apa itu kamera cerdas.

 


Deteksi wajah

Fitur deteksi / pengenalan wajah seseorang belakangan menjadi suatu tren. Fitur ini dirasa sangat penting untuk keamanan dimana kamera mempu mendeteksi atau melacak orang, mempelajari kebiasaan orang hingga mampu mengindentifikasi siapa yang meninggalkan barang (contoh: tas di stasiun kereta).
Sedangkan untuk home monitoring, fitur ini mampu mendeteksi wajah seseorang dan melakukan tindakan tertentu (contoh: membuka pintu) atau apabila kamera mendeteksi ada orang di halaman rumah, kamera mampu memberikan notifikasi ke pemilik rumah, siapa yang sedang berada di halaman rumah tersebut.

 
Sumber: IoT and cameras: Going from smart to intelligent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × three =