Ekspansi Sigfox Menguasai Eropa: Irlandia

Sigfox, perusahaan penyedia layanan komunikasi yang ditujukan untuk Internet of Things yang berbasis di Perancis dan VT Network, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Irlandia mengumumkan kerjasama mereka dalam penyediaan layanan SigFox yang mampu menjangkau ke seluruh area di Irlandia.

Dikatakan untuk menggelar layanan komunikasi untuk IoT ini membutuhkan waktu 8 bulan. Di Eropa sendiri, jaringan Sigfox telah beroperasi di Perancis, Spanyol, Portugal, Belanda, dan Luksemburg. Dan khusus untuk Irlandia, Sigfox menargetkan 1 juta device yang akan terhubungkan dengan jaringan IoT mereka pada tahun 2017.

sigfox_europe

Dalam kurun waktu 12 bulan terakhir, Sigfox telah mengelar layanan hingga ke 15 negara dan berencana untuk terus menambah area jangkauan mereka hingga 30 negara sampai akhir tahun ini.

Seperti diketahui layanan komunikasi untuk IoT yang memiliki jangkauan yang sangat luas, yang ditawarkan oleh Sigfox ini sifatnya berlangganan.

Pada awal bulan ini, Sigfox mengumumkan kerjasama mereka dengan Connected Finland untuk perluasan area jangkauan Sigfox ke Finlandia pada tahun 2017.

Pada bulan November tahun lalu, untuk pasar Amerika, Sigfox telah memilih 10 kota awal yang akan menikmati layanan mereka, yaitu: San Fransisco; San Jose dan Los Angeles; California; New York; Boston, Atlanta; Austin; Houston, Dallas dan Texas; Chicago. Namun bulan lalu Sigfox mengungkapkan rencana mereka untuk menjangkau hingga 100 kota pada akhir tahun 2016 ini.

Sigfox sendiri pada bulan Februari 2015 telah menerima pendanaan sebesar 115 juta dollar dari NTT DoCoMo, SK Telecom dan Telefónica. Tak hanya itu, pendanaan juga datang dari GDFSuez, Air Liquide dan Eutelsat.
Sigfox mengatakan bahwa pendanaan yang mereka dapatkan akan digunakan untuk memperluas area jangkauan mereka ke Eropa, Asia dan Amerika.

 
Sumber: Sigfox expands IoT network to Ireland

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − two =