Bluetooth 5 Dan Fitur Baru Connectionless Location Based Advertising

Dalam sebuah email yang entah bagaimana kisahnya, hingga email tersebut bisa terpampang di website Bluetooth Special Interest Group (SIG), mengungkapkan bahwa pada Bluetooth versi 5 akan ditambahkan “kemampuan / kapasitas tambahan” untuk pengiriman iklan.

Melalui kemampuan baru ini, dimungkinkan untuk mengirimkan iklan kepada pengguna telepon selular, berdasarkan lokasi dimana mereka berada. Iklan ini mampu dikirimkan dalam rentang / range hingga 250 meter, namun bagi pengguna telepon selular yang memang ingin menerima iklan ini, harus mengaktifkan Bluetooth terlebih dahulu.

Dikatakan melalui spesifikasi Bluetooth versi 5 ini, pesan yang dikirimkanpun akan jauh lebih kaya daripada sebelumnya. Format iklan yang mampu dikirimkan bisa berbentuk image / gambar, ringtone, vCard, barcode, audio, apps, video, text atau format lainnya yang mampu dikenali oleh telepon selular. Berbeda dengan Bluetooth versi terdahulu yang mengharuskan telepon selular untuk melakukan pairing untuk menerima pesan, pada Bluetooth versi 5 ini, pengguna tidak perlu melakukan pairing atau dengan kata lain, sifat dari layanan (pengiriman data / pesan) ini adalah connectionless.

Beberapa fitur lain yang patut menjadi perhatian adalah pada Bluetooth versi 5, jarak yang dapat dijangkau akan mengalami peningkatan sebanyak 2x lipat (hingga 400 meter) dan pada saat bersamaan kecepatan transmisi data akan meningkat 4x lipat.

Berita buruknya adalah Bluetooth versi 5 ini belom dapat dinikmati dalam waktu dekat. Chip – chip yang akan mendukung Bluetooth 5 diyakini baru akan tersedia pada 2017-2018.

Bluetooth versi 5 ini akan resmi diperkenalkan ke umum pada suatu acara di London pada tanggal 16 Juni 2016 ini.

 
Sumber: Bluetooth 5 adds additional location based advertising functionality

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 6 =