Mengapa Perusahaan Startup Perlu Ikut Masuk Ke IoT

bengilchriestDigital innovation principal dari Capgemini, Ben Gilchriest menekankan pentingnya perusahaan kecil dan startup untuk masuk ke IoT. Gilchriest percaya bahwa IoT tidak hanya melulu mengenai perusahaan – perusahaan besar.

Gilchriest, saat berbicara dengan IoT Hub mengatakan bahwa startup harus mulai berpikir bagaimana IoT dapat menjadi solusi bagi masalah yang terdapat pada dunia usaha, seperti hal nya yang dilakukan oleh perusahaan – perusahaan besar, walaupun dalam scope yang lebih kecil.

Dia mencontohkan apa yang telah Capgemini lakukan bekerjasama dengan Twyst, sebuah perusahaan startup asal Inggris. Mereka mengembangkan apa yang disebut “connected bag”, sebuah teknologi berbasis RFID yang mampu melacak apa saja yang dimasukan ke dalam tas / keranjang belanja oleh pelanggan, selama pelanggan tersebut berjalan mengelilingi toko.

Gilchriest mengatakan bahwa data yang dikumpulkan dari “connected bag” tersebut digabungkan dengan data – data (historis) pelanggan, mampu memberikan promosi / penawaran produk yang sangat personal buat pelanggan tersebut.

“Hal – hal seperti ini yang membuat kami sangat antusias, karena anda membuat suatu hal yang baru bagi pemilik usaha; bagaimana mereka dapat ber-interaksi dengan pelanggan dengan lebih baik”, dikatakan oleh Gilchriest.

Sangat penting bagi startup untuk memiliki definisi yang jelas tentang nilai – nilai yang mereka bawa / miliki, dan bagaimana mereka memandang sekaligus memecahkan suatu masalah.

“Mereka harus sangat fokus, sangat terperinci, baru kemudian mereka dapat mengembangkan sebuah solusi sesuai dengan keahlian mereka”, ditambahkan oleh Gilchriest.

 
Sumber: Start-ups urged to jump into IoT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =