Raspberry Pi 3 Dijual Obral Seharga 35 Dollar

 

Hari ini tanggal 29 Februari 2016, tepat 4 tahun Raspberry Pi model B dengan memori 256MB pertama kali dilahirkan. Dilaporkan sejak itu telah berhasil terjual lebih dari 8 juta unit, termasuk di dalamnya Raspberry Pi 2 yang terjual sebanyak 3 juta unit sendiri, menjadikan sejarah sebagai penjualan komputer terbanyak sepanjang masa di Inggris. Yayasan Raspberry Pi kemudian berkembang dari beberapa relawan menjadi lebih dari 60 orang karyawan full-time, termasuk rekan – rekan yayasan Raspberry Pi dari Code Club. Yayasan Raspberry Pi juga telah berhasil mengirimkan Raspberry Pi ke stasiun ruang angkasa dan yang tak kalah pentingnya adalah pelatihan guru – guru dari seluruh dunia melalui program Picademy.

Untuk merayakan hari ulang tahun ke-4 ini, yayasan Raspberry Pi dengan bangga meluncurkan produk barunya, yaitu Raspberry Pi 3 yang kini dijual dengan harga $35 (harga yang sama seperti Raspberry Pi 2), dengan fitur – fitur sebagai berikut:

  • CPU 1.2GHz 64-bit quad-core ARM Cortex-A53 (Performa 10x lipat dari Raspberry Pi 1)
  • Integrated 802.11n wireless LAN and Bluetooth 4.1
  • Kompatibilitas penuh dengan Raspberry Pi 1 and 2

Prosesor yang baru, yaitu ARM Cortex-A53 kini memiliki clock speed 33% lebih tinggi dari pendahulunya (900Mhz ARM Cortex-A7). Peningkatan performa dilaporkan sekitar 50-60% lebih baik dibanding Raspberry Pi 2 dan bahkan 10x lipat lebih baik dari Raspberry Pi 1 (dengan memori 256Mb)

Semua konektor diposisikan sama seperti Raspberry Pi sebelumnya, board Raspberry Pi pun masih berjalan di atas tegangan 5V melalui konektor micro-USB. Untuk Raspberry Pi 3 ini direkomendasikan untuk menggunakan adaptor 2.5A.

Raspberry Pi 3 telah tersedia untuk dibeli melalui partner yayasan Raspberry Pi, yaitu element14 dan RS Components dan beberapa reseller lainnya.

 

Berita lengkap: RASPBERRY PI 3 ON SALE NOW AT $35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + six =