Platform ARM 64bit Canonical Untuk IoT

Canonical dikabarkan telah membuat suatu sistem yang berbasiskan ARM64 yang ditujukan kepada developer IoT

Canonical tentu saja akan mengkampanyekan Ubuntu sebagai solusi paling tepat untuk embedded device dan IoT, teknologi yang diusung adalah Snappy Ubuntu Core.

Platform IoT

Solusi ARM64 yang ditujukan untuk developer ini merupakan turunan dari Ubuntu Core yang dirancang hingga ukurannya menjadi mini, yaitu hanya seukuran board DragonBoard 410c dari Arrow Electronics (seukuran kartu kredit).

Canonical mengatakan bahwa ini adalah solusi berbasis ARM64 pertama yang dikeluarkan sekaligus SoC berbasis Ubuntu Core. Ditujukan untuk membantu developer, dengan harganya yang murah, bertenanga namun fleksibel karena bisa diatur sesuai kebutuhan mulai dari server berbasis arsitektur ARM hingga solusi / aplikasi embedded.

Perusahaan Canonical berharap bisa memposisikan DragonBoard 410c sebagai development board standard untuk ekosistem ARM di bawah naungan program open source Linaro 96Boards. Canonical juga dikabarkan akan menjadikan DragonBoard 410c sebagai platform referensi untuk Ubuntu Core yang berbasiskan ARM 64bit, termasuk menyajikan lingkungan pemrograman yang stabil, serta menyediakan update – update di masa depan untuk DragonBoard 410c.

“Kami sangat gembira mengetahui Canonical sedang mengembangkan ekosistem DragonBoard, dengan menyediakan solusi yang terjangkau, mudah untuk didapatkan dan sangat fleksibel untuk developer melalui Snappy Core. Kini developer dimungkinkan untuk membangun solusi IoT dengan murah namun memiliki performa yang tinggi karena menggunakan DragonBoard 410c” dijelaskan Tia Cassett, direktur senior product management, Qualcomm Technologies.

Kecil namun bertenaga

DragonBoard 410c adalah motherboard berukuran mini, yang didesain secara khusus untuk developer IoT, dengan menawarkan performa yang tinggi namun terjangkau.

Walaupun ukurannya yang mini, namun DragonBoard 410c ini memiliki fitur yang mumpuni, seperti prosesor quad core 1.2Ghz Snapdragon 410, ruang penyimpanan sebesar 8Gb SanDisk eMMC, WLAN, GPS dan Bluetooth.

“Adopsi dari DragonBoard 410c sebagai platform referensi untuk arsitektur ARM 64bit adalah bukti dari komitmen kami kepada komunitas open platform.” dikatakan oleh Jon Melamut, VP Commercial Devices Operations Canonical.
“Melalui snappy Ubuntu Core dan DragonBoard 410c, developer akan dapat mengembangkan solusi IoT dengan harga yang terjangkau, mudah didapatkan dan fleksibel”.

Perlu diingat bahwa Snappy Ubuntu Core pertama kali diumumkan pada bulan Desember 2014.  Snappy Ubuntu Core ini sebenarnya adalah versi minimal dari Ubuntu. Snappy awalnya didesain sebagai teknologi cloud, namun kini mulai dibawa ke embedded device.
Canonical percaya bahwa Snappy Ubuntu Core menawarkan developer suatu lingkungan yang terjangkau namun memiliki performa tinggi.

DragonBoard 410c dapat dibeli dengan harga $75 di sini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =