10 Produk IoT Paling Keren Tahun 2017

Apa saja produk IoT yang mencuri perhatian dan layak digunakan pada tahun 2017?
Berikut 10 produk IoT yang paling keren, yang diluncurkan pada tahun 2017, seperti kami kutip dari CRN:

 


Apple HomePod

Smart speaker yang memiliki woofer berukuran 4 inch dan 7 tweeter dan ditenagai oleh prosesor Apple A8 ini akan diluncurkan pada bulan Desember 2017 ini, dengan harga $349

 

 

 

 

 

Buddy Ohm

Platform yang didesain untuk membantu pengguna, untuk memonitor konsumsi beberapa utilitas pada rumah cerdas. Beberapa data yang dapat dimonitor: data kelistrikan, penggunaan gas dan air, dsb. Untuk menggunakan Buddy Ohm, pengguna harus merogoh kocek yang cukup dalam, yaitu $1500

 

 

 

 

 

Eurotech ReliaGate 10-12

Bulan Mei lalu, Eurotech meluncurkan gateway terbaru mereka, yaitu ReliaGate 10-12. Gateway yang dikatakan berstandar industri ini, dapat memonitor aset perusahaan secara remote, pengumpulan data – data tertentu, memonitor konsumsi energi, dsb.

Modul ini ditenagai oleh ARM Cortex A8 dan 1 GB RAM, berikut dengan slot MicroSD untuk penyimpanan data.

 

 

 

 

 

Intel Compute Card

“Pesaing” Raspberry Pi Zero, yang diluncurkan oleh Intel pada awal tahun ini, diklaim mampu memberikan konektivitas pada produk apapun.

Intel Compute Card memiliki beberapa pilihan prosesor, mulai dari Celeron, Core i3 hingga generasi ke-7 Core i5 vPro.

Secara resmi dikatakan dapat dibeli pada bulan Agustus 2017, namun hingga saat ini informasinya masih belom jelas.

 

 

 

 

 

Oven cerdas June

Oven cerdas ini mampu memonitor berapa berat makanan yang diletakan pada oven, berikut dengan temperatur yang dapat di-set bahkan dapat dilihat video streaming-nya secara live melalui Wifi. Pengguna dapat menggunakan iPhone dan iPad untuk mengontrol oven ini.

Harga oven cerdas ini sendiri cukup mahal, yaitu $1.495.

 

 

 

 

 

Lenovo Smart Assistant

Asisten cerdas dari Lenovo ini cara kerjanya sama dengan Google Home maupun Amazon Alexa, dimana pengguna dapat bertanya ataupun memberikan perintah kepada Lenovo Smart Assistant melalui suara.

Harga dari Smart Assistant Lenovo ini $129

 

 

 

 

 

Qualcomm Snapdragon 835

Mungkin bukan produk IoT yang dapat digunakan langsung oleh pengguna, namun produk IoT ini layak mendapat perhatian karena produk yang baru diluncurkan awal tahun ini ditujukan untuk virtual reality dan IoT, memiliki teknologi terbaru yaitu teknologi 10-nanometer.

Prosesor baru ini diklaim dapat memberi peningkatan dari sisi performa maupun efisiensi penggunaan baterai.

 

 

 

 

 

Samsung Artik 053 Module

Artik 053, ditujukan untuk digunakan pada produk smart home, otomasi gedung, kesehatan dan aplikasi pada industri.

Artik 053 telah tersedia melalui partner distribusi resmi seperti: Arrow Electronics, Digi-Key, Mouser Electronics dan Mujin.

 

 

 

 

 

Stringify

Stringify memiliki cara kerja seperti Nest atau Phillips Hue. Stringify mampu mengontrol / melakukan otomasi pada berbagai perangkat rumah tangga, seperti lampu, pemanas ruangan, dsb.

Saat ini telah ada 500 perangkat yang mampu dikontrol oleh Stringify melalui aplikasi Stringify yang berjalan di iOS maupun Android

 

 

 

 

 

Twyst

Tas atau keranjang belanja cerdas ini membuat pengalaman berbelanja menjadi jauh lebih menyenangkan. Dengan menggunakan tas belanja cerdas ini, pemilik cukup memasukan barang belanjaan ke dalam tas dan pulang.
Pembayaran akan dipotong secara otomatis oleh chip mini yang terhubung melalui bluetooth.
Setelah berbelanja, pemilik akan mendapatkan notifikasi pembayaran ke handphone/smartphone pemilik, atas barang – barang yang telah dimasukan ke dalam tas.

 

 

 

 

 

Sumber: The 10 Coolest IoT Products Of 2017 (So Far)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − one =