Orange Pi 2G IoT, Komputer Mini Dengan Harga Mini

Komputer single-board yang murah meriah, yang biasa digunakan untuk pengembangan aplikasi IoT, media untuk streaming dan penggunaan komputasi pada umumnya, sepertinya tidak ada habis – habisnya.
Dengan beragam jenis konektivitas yang ditawarkan, mulai dari kabel (ethernet) sampai nirkabel (Wifi, Bluetooth, ZigBee, dst). Dan setelah peluncuran Raspberry Pi 3, Raspberry Pi Zero W yang sangat terjangkau dan dipersenjatai dengan Wifi, pertanyaan lanjutannya adalah what’s next?

Oh bagaimana dengan konektivitas selular? Menarik bukan?

Orange Pi 2G IoT

Mari kita berkenalan dengan Orange Pi 2G IoT!

Sesuai namanya, kali ini komputer mini Orange Pi tidak hanya dipersenjatai dengan Wifi dan Bluetooth namun juga konektivitas selular!
Mungkin kita akan langsung dengan sinis mengatakan bahwa komputer mini ini biasa saja, toh cuma mampu GPRS-an saja. Tetapi bayangkan hanya dengan harga $10, kita bisa mendapatkan komputer mini dengan konektivitas super dan dengan harga super pula!

Sekilas spesifikasi Orange Pi 2G-IoT, dipersenjatai dengan prosesor 32-bit ARM Cortex A5 1Ghz, 256MB RAM dan GPU Vivante GC860 graphics.

Tersedia slot untuk microSD dan beberapa fitur standard seperti port USB 2.0, port micro USB OTG, audio jack 3.5mm, Wifi 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1 dan tidak ketinggalan konektor 40 pin untuk GPIO.

Yang patut menjadi catatan adalah pada komputer mini ini tidak tersedia colokan apapun untuk tampilan grafis, baik itu VGA, HDMI, DisplayPort, dsb.
Namun jangan khawatir, pengguna tetap dapat menampilkan grafis melalui layar eksternal dengan memanfaatkan konektor LCD yang telah disediakan.

 

Adafruit TFT Display 5.0″ 800×480 40 pin (tanpa fitur Touchscreen)

 

Berikut beberapa penampakan Orange Pi 2G IoT dari situs liliputing.com, klik gambar untuk tampilan lebih detail.

 

 

Sumber: Orange Pi 2G-IoT is a $10 single-board PC with a cellular modem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − nine =