Prediksi Industrial IoT Untuk Tahun 2017

FreeWave Technologies, Inc, sebuah perusahaan penyedia solusi jaringan nirkabel yang ternama, yang berbasis di Boulder, Colorado mengeluarkan prediksi tahunan untuk IIoT atau Industrial IoT. Prediksi ini sendiri disusun dari para ahli di bidangnya.
Prediksi ini meliputi topik / area seperti bangkitnya interoperabilitas (antar node / komputer untuk saling bertukar dan memanfaatkan data), tantangan yang dihadapi oleh dunia usaha dari konvergensi IT/OT (Information Technology/Operational Technology), pemanfaatan teknologi baru seperti Edge computing / Fog computing untuk Smart Cities, akan keluarnya teknologi keamanan yang baru, hingga tantangan yang dihadapi pada proses rekruitmen tenaga ahli di bidang IoT.
Berikut prediksi trend untuk Industrial IoT pada tahun 2017:

Teknologi baru terkait keamanan akan rilis pada tahun 2017
Arsitektur jaringan yang tersebar / ter-desentralisasi membawa titik pemrosesan data dan tempat di mana data dihasikan semakin dekat. Sebagai contoh Fog computing yang memungkinkan proses analisa, kontrol dan otomasi lebih dekat lagi kepada “Things” dalam Industrial IoT itu sendiri dan karena Fog computing semakin mendekatkan titik dari mana data berasal dan tempat pemrosesan data maka jumlah data yang dikirimkan ke internet (cloud) akan berkurang secara drastis. Teknologi keamanan yang baru akan disesuaikan dengan “topologi” yang baru ini, dan diharapkan akan mampu mengurangi jumlah serangan kepada jaringan IIoT.

Jumlah aplikasi yang dikembangkan untuk Industrial IoT akan melampaui aplikasi IoT dalam 3 tahun mendatang

Kemampuan untuk melakukan filter terhadap data yang dibutuhkan dan data mana yang tidak dibutuhkan secara langsung berarti mengurangi kebutuhan untuk mengumpulkan data dalam jumlah besar untuk proses analisa. Selain itu kebutuhan untuk aplikasi IoT yang dikembangkan secara tidak lagi ter-sentralisasi akan semakin besar, peningkatan kebutuhan ini akan bertemu dengan aplikasi bisnis yang telah ada; akan muncul inovasi – inovasi baru terkait hal ini.
Peningkatan kebutuhan untuk pengembangan aplikasi IIoT ini sendiri secara alami akan mengalihkan pengembang aplikasi (konvensional) ke aplikasi IIoT.

Proses rekrutmen profesional di bidang IoT akan menjadi tantangan

Tantangan terbesar dari proses perekrutan profesional di bidang IoT adalah gap di sisi skill. Akan ada begitu banyak kandidat yang kualifikasinya tidak cukup. Sedangkan dari sudut pandang bisnis, konvergensi IT/OT semakin membuat kompleks issue / tantangan yang dihadapi (apakah suatu kandidat lebih cocok pada sisi IT atau OT, dst).
Perusahaan – perusahaan besar akan melakukan transformasi / perombakan besar – besaran dari sisi operasional, terutama perombakan besar – besaran pada sistem yang telah usang. Dan adopsi teknologi baru ini juga berakibat semakin tingginya gap di sisi skill pada perusahaan.

Pada akhir tahun 2017, diperkirakan akan ada jutaa device IoT yang diimplementasikan, yang menggunakan teknologi jaringan nirkabel 802.11 ah, sekaligus diyakini protokol ini akan menjadi standard pada IIoT

Semakin banyaknya implementasi Smart Cities, diyakini akan berbarengan dengan semakin banyaknya implementasi solusi yang memanfaatkan protokol 802.11 ah (HaLow). Protokol ini akan digunakan oleh aplikasi – aplikasi yang sangat penting / critical seperti tata kelola lalu lintas, keamanan publik, efisiensi energi, dll. Protokol HaLow ini sendiri jauh lebih unggul dari sisi kecepatan transmisi dan jarak jangkauan (dibandingkan dengan Bluetooth 5).

“Matinya” fasilitas publik (yang telah uzur) akan terjadi pada tahun 2017

Semakin matangnya standarisasi tentang interoperabilitas dan terjadinya evolusi tentang teknologi untuk mengumpulkan data, telah memaksa perusahaan / organisasi untuk mengadopsi teknologi tersebut (dengan lebih cepat). Pihak manajemen perusahaan akan berjuang keras menemukan cara membangun suatu sistem yang dapat saling bekerjasama demi tujuan akhir perusahaan / organisasi.

 
Sumber : Industrial IoT (IIoT) predictions for 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + twelve =