10 Trend IoT Untuk Tahun 2017

Tiap tahun muncul prediksi tentang teknologi baru yang akan hadir, begitu juga dengan IoT.
Untuk tahun 2017 yang sudah lewat beberapa hari ini, apa trend IoT khususnya untuk produk yang terkait konsumen.

Prediksi IoT terhadap produk – produk yang terkait konsumen menjadi sangat penting. Sekedar mengingatkan, menurut laporan dari survei yang diadakan oleh Parks Associates bahwa dari 10 rumah yang ada di Amerika, rata – rata memiliki 8 perangkat yang terhubungkan ke internet.

Lebih dari sepertiga konsumen di Amerika memiliki perangkat kesehatan yang terhubungkan ke internet dan lebih dari 63 juta sambungan ke layanan video OTT atau layanan video melalui internet.

Trend IoT untuk tahun 2017 ini akan bervariasi mulai dari makin berkembangnya obyek – obyek yang dapat dikontrol melalui suara hingga VR dan augmented reality.

 
Berikut trend untuk IoT pada tahun 2017:

  1. Kontrol suara, suara akan menjadi antar muka / interface antara smart home dan gaya hidup yang semakin terhubungkan dengan internet.
  2. Ponsel cerdas, stagnasi teknologi perangkat mobile saat ini dan operator telepon seluler yang mencoba mempertahankan pelanggan diyakini akan membawa sesuatu yang baru pada perangkat komunikasi jenis ini.
  3. Produk jenis baru, produsen perangkat elektronik untuk konsumen akan mulai mencari produk – produk dengan kategori dan ekosistem yang baru sebagai akibat dari stagnannya pasar.
  4. Virtual, Augmented Reality, VR dan AR semakin berkembang dengan makin banyaknya pengguna produk jenis ini.
  5. Video melalui internet, perbedaan antara video on-demand dan menonton video langsung melalui internet akan semakin kabur karena konsumen lebih menuntut variasi baru dari layanan video.
  6. Mobil yang terhubungkan dengan internet, pemilik kendaraan sejatinya mengharapkan kendaraan yang mereka miliki dapat lebih terhubungkan namun ada beberapa hal yang patut diperhatikan seperti harga dan keamanan data
  7. Keamanan, industri smart-home akan terus mengembangkan produk – produk baru terkait keamanan dan teknologi untuk mengelola energi
  8. Asuransi, perusahaan asuransi akan menggali potensi – potensi bisnis baru terkait smart-home dan beberapa layanan lain
  9. Wearables, wearables dan jam tangan cerdas akan mulai digabungkan dengan layanan kesehatan dan beberapa aplikasi IoT lainnya
  10. Kesehatan, komersialisasi dari layanan kesehatan dan perangkat keras yang terkait dengan layanan kesehatan akan semakin terintegrasi dengan ekosistem smart-home dan bisnis model baru

Bagian yang menarik dari prediksi trend IoT ini adalah bahwa prediksi dibuat bukan berdasarkan jumlah unit yang akan dikapalkan / dijual namun lebih kepada kemana arah (pasar) IoT pada tahun 2017 ini.

Satu yang pasti Internet of Things akan makin besar dan besar, tiap tahunnya.

 
Sumber: Top 10 Consumer IoT Trends For 2017

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =