Rilis Perdana Raspberry Pi Pixel

Tahun depan tepatnya pada bulan Februari, Raspberry Pi akan berulang tahun yang ke 5. Banyak hal yang telah terjadi selama hampir 5 tahun ini; lahirnya inovasi demi inovasi baru di dunia komputer dan bagaimana pengguna melakukan pemrograman, terutama pemrograman komputer oleh pengguna usia dini atau anak – anak.

Yayasan Raspberry Pi baru saja merilis berita yang cukup mengejutkan hari ini, tepat sebelum hari Natal: sekarang pengguna software, utamanya lingkungan desktop yang dahulu membutuhkan perangkat keras Raspberry Pi; tidak memerlukan Raspberry Pi lagi.

Software yang dirilis pada bulan September lalu, Pixel atau “Pi Improved Xwindows Environment, Lightweight” dapat diunduh mulai hari ini, untuk digunakan oleh pengguna PC atau Mac.

Walaupun statusnya masih percobaan, tetapi Pixel telah berfungsi secara penuh. Pixel dapat berjalan pada sebagian besar PC atau Mac, bahkan yang memiliki spesifikasi hardware rendah (sebagai contoh: PC dengan memori hanya sebesar 512MB). Ini tentunya berita baik karena PC atau laptop yang telah bertahun – tahun tidak dapat digunakan karena spesifikasi yang rendah, kini dapat digunakan kembali. Pixel memiliki ukuran sebesar 1.3GB dapat diunduh dan kemudian ditempatkan di DVD atau flash disk untuk proses instalasi atau Pixel dapat dijalankan pada virtual machine seperti VMware atau VirtualBox.
Seluruh aplikasi standard Raspberry Pi (kecuali Minecraft dan Wolfram Mathematica) dapat digunakan.

Tujuan dari dirilisnya Pixel untuk dapat digunakan oleh pengguna PC dan Mac adalah supaya Pixel dapat menjadi alternatif selain Windows dan Mac OS (dan dari distribusi Linux yang telah ada). Selain dapat menjadi alternatif, Pixel juga memberi kemudahan bagi pengguna untuk dapat dijalankan langsung dari flash disk.

 
Sumber: Raspberry Pi’s Pixel Released For PC and Mac

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =