6 Industri Yang Akan Mengalami Transformasi Karena IoT

Pertanian

Pemasangan perangkat IoT di industri pertanian diperkirakan akan berkembang dari 30 juta titik instalasi pada tahun 2015 hingga 75 juta titik instalasi pada tahun 2020. Dengan mengumpulkan data – data pertanian secara real-time, petani dapat menikmati peningkatan hasil panenan.

Industri kesehatan

Pemanfaatan IoT pada industri kesehatan tidak hanya semata – mata untuk meningkatkan efisiensi, tetapi juga dapat memberikan pelayanan tambahan kepada pasien. Sebagai contoh, dengan menghubungkan mesin MRI ke internet, staff rumah sakit dapat mengetahui secara instan kapan mesin MRI butuh diperbaiki.

Manufaktur

Industri ini kemungkinan menjadi industri yang paling banyak dipengaruhi oleh IoT. Perusahaan manufaktur global diperkirakan akan menanamkan investasi sampai 70 miliar dollar untuk membangun solusi IoT pada tahun 2020.
Dengan adanya solusi berbasis IoT, para operator pabrik tidak hanya dapat mengetahui secara instan kapan mesin harus diperbaiki, tetapi juga mendapatkan insight untuk membuat proses kerja menjadi lebih efisien.

Energi

IoT juga mengubah cara kerja perusahaan – perusahaan di industri energi. Perusahaan utilitas seperti PG&E mulai menggunakan smart meter. Dan karena sifat komunikasi yang dua arah, smart meter mampu memberikan fasilitas kepada perusahaan untuk mendapatkan data – data yang diperlukan untuk memprediksi kebutuhan dengan lebih baik, menemukan penyebab suatu masalah, dan memprediksi kapan harus terjadi perawatan / maintenance.

Retail

Pengusaha retail akan mulai memanfaatkan IoT untuk menjangkau pelanggan dengan lebih luas dan agresif.

Transportasi

Dari industri logistik ke industri transportasi, solusi berbasiskan IoT digunakan untuk memaksimalkan proses bisnis dalam berbagai aspek. Dengan menghubungkan kendaraan pengantar barang dengan sensor seperti sensor suhu dapat menjamin kualitas / keamanan barang yang dikirim, sebagai contoh makanan.
Sensor dan software cerdas bekerjasama untuk menyajikan data yang dibutuhkan untuk memastikan pengendara berkendara dengan benar. Cara berkendara sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, yang artinya mempengaruhi biaya operasional.
Di masa depan, infrastruktur yang telah terhubungkan juga akan dimanfaatkan untuk mengurangi biaya yang timbul karena kemacetan dan sekaligus mengurangi tingkat kecelakaan.

 
Sumber: Six ways IoT is changing the world

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 20 =