Raspberry Pi Berhasil Menembus Angka Penjualan 10 Juta Unit

Raspberry Pi tercatat telah berhasil menembus angka penjualan hingga 10 juta unit ke seluruh dunia dan untuk merayakan pencapaian tersebut, yayasan Raspberry Pi mengeluarkan Raspberry Pi Starter Kit. Kit ini sendiri dijual dengan harga £99.

Founder sekaligus CEO dari yayasan Raspberry Pi, Eben Upton mengatakan ide awal dia menciptakan Raspberry Pi adalah untuk membuat device yang mampu menarik pelajar / calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya ke fakultas Computer Science di Universitas Cambridge.

“Dengan membuat komputer yang murah, kami mengharapkan generasi muda dapat merasakan perasaan yang sama yang dahulu, pada tahun 80an kami rasakan, dimana kami begitu tertarik dan bersemangat untuk memprogram komputer – komputer seperti Sinclair Spectrums, BBC Micros dan Commodore 64”, seperti dituliskan oleh Upton di blog Raspberry Pi.

Dahulu tim pengembang Raspberry Pi memperkirakan hanya akan mempu menjual 10.000 unit, namun diluar prediksi komputer mini ini ternyata begitu diminati semua orang.

Komputer mini ini sangat mempermudah pengguna untuk bereksperimen dan membangun sendiri versi komputer yang di-inginkan.

Empat setengah tahun kemudian, Raspberry Pi akhirnya menjelma menjadi komputer asal Inggris yang paling populer sepanjang masa.

“Untuk merayakan penjualan ke 10 juta dari Raspberry Pi, untuk pertama kalinya kami berinisiatif untuk mengeluarkan paket Raspberry Pi resmi, yang kami yakin akan diminati pengguna Raspberry Pi”, dikatakan oleh Upton.

Paket resmi Raspberry Pi terdiri dari:

  • Raspberry Pi 3 Model B
  • 8GB NOOBS SD card
  • Case resmi Raspberry Pi
  • Power supply resmi dengan kapasitas 2.5A
  • Kabel HDMI resmi sepanjang 1M
  • Mouse dan keyboard
  • Booklet sejarah perjalanan dari yayasan Raspberry Pi.

Pembelian dapat dilakukan di: element14 and RS Components.

 
Sumber: World eats its 10 millionth Raspberry Pi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =