Arduino Wiring Resmi Telah Didukung Windows 10 IoT Core

Windows 10 IoT Core kini secara resmi telah mendukung Wiring. Selain Wiring, Windows 10 IoT Core juga telah mendukung beberapa bahasa pemrograman yang lain seperti C#, C++, VB, JavaScript, Python dan Node.js.
Dukungan terhadap Wiring tidak lain didasari oleh kepopuleran Arduino di kalangan para makers / pengembang perangkat keras. Komunitas dari Arduino sendiri telah membuat begitu banyak libraries / kode pustaka untuk berkomunikasi dengan beberapa perangkat seperti layar LED, sensor, pembaca RFID, dll.
Arduino sendiri menjadi begitu populer karena kemudahannya dan dengan didukungnya Wiring di Windows 10 IoT Core, pilihan pengembang untuk membangun aplikasi IoT menjadi semakin terbuka lebar. Beberapa device yang sebelumnya telah dinyatakan mendukung Windows 10 IoT Core adalah Raspberry Pi 2, 3 dan Minnowboard Max.

Bagaimana menjalankan sketch Arduino di device IoT Core

Pada device IoT Core, sketch akan dijalankan secara headless (background), tidak ada tampilan / UI yang bisa ditampilkan di layar monitor. Hal yang sama juga berlaku pada saat sketch dijalankan di device Arduino, contoh: Arduino Uno.
Patut diperhatikan, walaupun tidak memiliki tampilan / UI, pengembang dapat melakukan proses debugging dengan memanfaatkan Visual Studio, dengan cara menyisipkan breakpoints pada kode yang dibangun. Sebagai tambahan, pengembang dapat juga memanfaatkan beberapa fungsi untuk menampilkan log, dan fungsi – seperti seperti Serial.print() dan Serial.println() telah diperbaharui sehingga mampu menampilkan log langsung ke debug pane di Visual Studio. Fungsi lain seperti Log() juga dapat dimanfaatkan untuk proses debugging. Untuk lebih detail dapat dilihat pada panduan porting Arduino Wiring.

Arduino Wiring dan Universal Windows Platform (UWP)

Cara kerja sketch Arduino di device IoT Core sama seperti pada device Arduino (contoh: Arduino Uno). Hal yang sedikit membedakan adalah sketch – sketch Arduino Wiring ini juga adalah aplikasi UWP sehingga dapat memanggil / memanfaatkan API – API UWP seperti networking, storage, Bluetooth, media, keamanan, dsb. Contoh penggunaan API UWP: melakukan komunikasi melalui Bluetooth, menghubungkan device ke jaringan nirkabel / Wi-Fi.

Informasi lebih detail untuk proses porting sketch Wiring, libraries / kode pustaka ke Windows 10 IoT Core, bagaimana membuat aplikasi IoT khusus untuk Windows 10 IoT Core dapat dilihat pada link di bawah.

 
Sumber: Introducing Arduino Wiring on Windows 10 IoT Core

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − eleven =