Memperkenalkan Intel Joule, Maker Board Yang Dipersenjatai Dengan Intel RealSense Depth-Sensing

Bertepatan dengan perhelatan Intel Developer Forum (IDF), CEO Intel Brian Krzanich memperkenalkan Intel Joule, board baru Intel yang telah dilengkapi dengan kamera depth-sensing dengan teknologi Intel RealSense. Target pengguna dari board Joule ini adalah para developer aplikasi IoT dan perusahaan penyedia solusi IoT dengan skala besar. Joule sendiri merupakan kelanjutan dari Intel Curie dan seperti yang diumumkan pada saat siaran pers, Intel Joule akan memudahkan developer untuk membuat prototipe / rancang bangun dan sekaligus membuat produk jadi dalam waktu singkat, sehingga memotong waktu dan biaya development dari solusi yang akan dipasarkan.

Board Joule yang berukuran cukup kecil, masuk ke dalam kategori high-performance system-on-module (SOM). Board yang efisien dalam hal konsumsi daya listrik dikatakan sangat cocok digunakan untuk aplikasi seperti computer vision, robotik, drones, industrial IoT, Virtual Reality (VR), micro-servers dan aplikasi IoT lainnya yang membutuhkan tenaga pemrosesan /computing power yang besar.

Berikut spesifikasi dari Joule:

  • Prosesor Intel AtomTM T5500 dengan 4 inti (quad-core) dan berkecepatan 1.5Ghz
  • Memori 3GB LPDDR4
  • 8GB eMMC
  • Intel HD dengan kemampuan untuk menangkap video dengan kualitas 4K
  • 802.11ac Wifi dengan MIMO dan Bluetooth 4.1
  • USB 3.0, MPI CSI dan DSI, beberapa pin GPIO, I2C, UART
  • Dukungan dari Intel RealSense

Intel Joule dijual dalam 2 model, yaitu 570x dan 550x. Yang membedakan dua model ini adalah kecepatan dari prosesor dan kapasitas memori yang dimiliki. Joule akan mulai didistribusikan pada bulan September 2016 melalui partner Intel reseller.
Untuk lebih jelasnya mengenai Joule dapat dilihat pada dokumen berikut.
Sumber: Meet the Intel Joule, a Maker Board With an Intel RealSense Depth-Sensing Camera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =