Internet of Onion Things: Solusi Keamanan IoT

Banyaknya keluhan terkait masalah keamanan IoT sedikit banyak mempengaruhi keputusan perusahaan atau bahkan user rumahan untuk memanfaatkan IoT. Pertanyaan standard seperti apakah mungkin data – data kelistrikan saya di-tap di tengah dan diambil oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab? Apakah kontrol dari kamera cerdas yang kami pasang di ruang bayi di rumah kami dapat diambil alih oleh orang lain?

Didasari oleh keprihatinan seperti ini, sebuah project non-komersial yang bernama Guardian Project menemukan suatu teknik untuk mengamankan IoT dengan cara memanfaatkan jaringan Tor.

Guardian Project hanya membutuhkan perangkat Raspberry Pi yang akan bertindak sebagai hub / perantara, yang akan menjalankan aplikasi HomeAssistant.
Aplikasi HomeAssistant inilah yang akan mengamankan jaringan perangkat IoT di belakang Raspberry Pi. Dimana akses menuju Raspberry Pi (dan perangkat IoT di belakangnya) disembunyikan dari akses publik.
Hanya pengguna yang mengetahui deskriptor / link Tor (ID unik sepanjang 16 karakter) dan passcode yang telah ditentukan, yang dapat mengakses layanan IoT (hingga kontrol terhadap perangkat IoT).

Proyek ini tentunya selain menarik dari sisi keamanan, namun juga menarik dari sisi kepraktisan.
Bayangkan apabila saat ini pengguna IoT harus mengamankan jaringan internet yang digunakan melalui SSL, konfigurasi firewall atau bahkan men-setup VPN khusus. Saat ini cukup menggunakan HomeAssistant dan semua hal yang terkait keamanan secara teori telah diselesaikan (diamankan melalui jaringan Tor).

Berikut video demo dari Internet of Onion Things:

 

 

Sumber: This smart home hub uses Tor to make IoT devices secure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =