Apache Mynewt, Operating System Yang Modular Untuk Internet of Things

Berita yang terkait dengan perangkat IoT berikut ini mungkin bisa membawa angin segar bagi pengembang aplikasi IoT.
Apache dilaporkan baru saja meluncurkan Mynewt, sebuah operating system yang sifatnya real-time (RTOS) yang modular, yang didesain untuk digunakan oleh device / perangkat Internet of Things (IoT), yang memiliki keterbatasan dari sisi memory dan kapasitas penyimpanan / storage. OS ini diharapkan mampu untuk beroperasi dalam jangka waktu yang lama, dengan hanya mengkonsumsi daya listrik yang minimal.

Dalam press release dari Arduino dan perusahaan startup Runtime, Mynewt dideskripsikan sebagai “OS untuk mikrokontroller 32bit (MCU) yang memungkinkan berbagai jenis perangkat, seperti wearable, bohlam lampu, kunci pintu, bel pintu dan device lainnya untuk dapat terhubungkan dengan IoT”.

Masih dari press release yang sama, dikatakan bahwa Mynewt mampu menjadi jawaban dari masalah yang dihadapi oleh aplikasi IoT: “mikrokontroller 32bit jauh lebih murah daripada CPU lainnya yang digunakan oleh tablet dan smartphone, namun yang menjadi masalah adalah baik Linux maupun turunannya seperti Android tidak mampu berjalan di atas mikrokontroller ini. Para pengembang aplikasi IoT membutuhkan suatu solusi alternative dari Linux yang mampu berjalan di atas mikrokontroller / CPU yang sangat terjangkau dan dari sisi dimensi juga jauh lebih kompak”.

Proyek Mynewt menggarisbawahi penggunaan kode terbuka / open source dari implementasi BLE (Bluetooth Low Energy) versi 4.2, versi ini memudahkan pengembangan aplikasi IoT, yaitu dengan adanya dukungan seperti IPv6/6LoWPAN, Bluetooth Smart Gateway. Selain itu juga pengembang aplikasi IoT dapat menikmati beberapa pembaharuan seperti peningkatan efisiensi dari penggunaan daya listrik dan kecepatan transfer yang lebih tinggi.

Mynewt sendiri ditulis dengan bahasa pemrograman C, yang keseluruhan kode nya tersedia di Github. Proyek Newnewt mengadopsi lisensi Apache versi 2.0, yang intinya:

“Tidak seperti lisensi GNU GPL, lisensi Apache versi 2.0 tidak mengharuskan pengguna untuk berkontribusi kembali kepada pengembangan dari kode yang digunakan”

Pada website Apache Mynewt disediakan dokumentasi mendetail, yang dapat membantu pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan di atas OS Mynewt. Salah satu dokumentasi yang disediakan adalah dokumen Mynewt Quick Start, dimana di dalamnya dapat ditemukan 2 opsi:

  • Opsi 1: cara cepat dan mudah untuk menggunakan Mynewt. Seluruh tool dan toolchains yang dibutuhkan tersedia dalan 1 kontainer Docker, yang dapat langsung diinstal di komputer.
  • Opsi 2: menginstall masing – masing tool yang dibutuhkan, berikut dengan toolchains seperti GNU toolchain untuk dijalankan langsung di komputer.

Setelah semua yang dibutuhkan selesai diinstallasikan, berikut pengguna dapat langsung memulai mengembangkan proyek pertama di atas OS Mynewt. Versi terbaru dari Apache Mynewt adalah versi 0.9.0.

 
Sumber: Apache Mynewt RTOS Addresses IoT Power, Memory, Storage Constraints

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 5 =