Pemanfaatan IoT Untuk Pengelolaan Air Bersih Dan Pembuangan Air Kotor

sewer

Australia dilaporkan baru saja melakukan ujicoba dengan memanfaatkan IoT, ujicoba ini  ditujukan untuk mengoptimalkan proses pembuangan (air kotor).

Gizmodo melaporkan bahwa negara bagian Victoria bekerjasama dengan perusahaan IT dan telekomunikasi untuk mengujicoba teknologi NB-IoT (Narrowband IoT) pada saluran pembuangan dan pengolahan air. Huawei, Optus dan Vodafone merupakan mitra yang ditunjuk oleh South East Water, sebuah BUMD yang bertanggungjawab untuk menyediakan air bersih berikut meyediakan pengolahan air kotor. Ujicoba dilakukan untuk area tertentu seperti Melbourne.

NB-IoT seperti yang telah diulas pada artikel sebelumnya adalah teknologi komunikasi berbiaya rendah yang memungkinkan ribuan titik / device terkoneksi. Diharapkan dengan ujicoba selama 3 bulan ini dapat memberi insight untuk pengelolaan air bersih dan pembuangan air kotor yang lebih aman, handal dan efisien.

“Teknologi yang hemat daya listrik dan berbiaya rendah telah membuka potensi yang begitu besar bagi kami, khususnya pada pengelolaan air”, seperti dikatakan oleh Phil Johnson, general manager South East Water.

Proses pembuangan air kotor menjadi lebih handal untuk pelanggan dan aman bagi pekerja

“Melalui ujicoba ini kami berusaha membangun sebuah platform yang lebih handal untuk pengelolaan persedian air, yang lebih aman bagi para pekerja kami dan sekaligus kami dapat menyediakan layanan untuk pelanggan kami dengan biaya lebih rendah”, ditambahkan oleh  Phil Johnson.

Pada percobaan ini akan dipasangkan banyak sensor pada tutup lubang saluran air, yang terhubungkan melalui jaringan NB-IoT . Teknologi NB-IoT juga akan digunakan pada tangki penampungan air hujan (yang telah dipasangkan sensor) untuk memonitor level penyimpanan air, ini dilakukan untuk mengoptimalkan proses monitoring dari penyimpanan air hujan yang telah ada.

Teknologi NB-IoT diproyeksikan akan segera menggantikan teknologi 3G yang saat ini digunakan. Dengan memanfaatkan NB-IoT, data – data real-time berkaitan dengan pengolahan air (bersih dan kotor) akan lebih mudah dan cepat diperoleh.

 
Sumber: IoT gets down and dirty in Australian smart sewers trial

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − one =