Kabar Gembira Intel: Peluncuran $15 Developer Board Intel

Quark Microcontroller Developer Kit D2000 dengan harga $15 mungkin adalah komputer Intel yang paling murah yang pernah diluncurkan Intel.

Single-board komputer Intel yang berukuran mini ini ditujukan untuk pengembangan gadget, wearable, produk – produk otomasi rumah, perlengkapan industri dan produk IoT lainnya.
Para pengembang (Internet of Things) dapat memasangkan berbagai jenis sensor, seperti sensor temperatur, cahaya, suara, cuaca dan sensor jarak ke komputer mini ini.

Developer board ini sekarang sudah tersedia melalui Mouser Electronics. Berikutnya diharapkan akan tersedia melalui Avnet, seperti diinformasikan oleh Intel.

quark-d2000-developers-kit-16x9.png.rendition.intel.web.416.234

Intel menargetkan perusahaan – perusahaan pengembang device IoT dan komunitas pengembang hardware / perangkat keras. Board ini memberi akses kepada para pengembang hardware, suatu perangkat prototyping yang murah dan mudah digunakan. Intel akhirnya mengikuti langkah Atmel, SparkFun dan para vendor development board lainnya yang telah lebih dahulu mengembangkan development board dengan harga yang terjangkau.

Patut dicatat bahwa board ini tidak dapat dibandingkan dengan mini komputer seperti Raspberry Pi 3 yang memang performanya telah dianggap setara dengan PC. Ukuran dari Intel board ini lebih kecil dan mengkonsumsi tenaga listrik jauh lebih sedikit dibanding Raspberry Pi 3 (dan dengan otomatis memiliki CPU yang kecepatannya jauh lebih lambat).

Intel sendiri telah memberikan contoh pemanfaatan dari developer board ini. Curie board digunakan pada papan seluncur salju di X Games yang mampu menangkap data real-time, seperti kecepatan, tinggi lompatan dan statistik lainnya.

Board seharga $15 ini diharapkan membawa terobosan bagi komunitas pengembang perangkat keras / maker karena memberikan alternatif selain chip yang umum digunakan saat ini, yaitu ARM.

Board baru ini ditenagai oleh Quark D2000 microcontroller, yang memiliki kecepatan 32Mhz. Board Intel ini memiliki accelerometer 6 axis, magnetometer dengan sensor suhu / temperatur dan 1 port USB 2.0. Disediakan juga slot untuk baterai ukuran koin dan input tenaga 5 Volt.

Board ini kompatibel dengan hardware seperti Arduino Uno, suatu board yang sangat populer bagi maker. Pengguna dapat memanfaat development kit yang disediakan oleh Intel, yaitu Intel System Studio, yang dikembangkan di atas IDE Eclipse.
Sumber: Intel on the cheap: Chip maker ships $15 IoT developer board

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 13 =