SIGFOX, Solusi Komunikasi Berbiaya Murah IoT

Kami akan coba mengulas artikel lama di CNET mengenai SIGFOX, sebuah teknologi yang sedang mencapai momentumnya beberapa waktu belakangan ini.

Internet of Things (IoT) menghubungkan begitu banyak device seperti kendaraan, mainan anak, alat monitor jantung, lampu lalu lintas, dsb. Alat – alat / device ini tidak memerlukan segala fitur / kapasitas jaringan yang dibutuhkan seperti pada smartphone, yang digunakan untuk menonton video. Device – device ini hanya butuh untuk saling terhubungkan, mengirim data dalam jumlah yang sangat kecil dan ber-operasi hanya dengan menggunakan baterai.

Jaringan SIGFOX menggunakan teknologi yang dinamakan UNB (Ultra NarrowBand), yang hanya mampu menangani kecepatan transfer data hingga 1.000 bps (ya, bits per second). Namun di sisi lain, jangkauan dari jaringan SIGFOX sangat luas, 1 negara Perancis sebagai contoh, dan yang sangat menarik (sekaligus penting) adalah harganya yang sangat murah!

“Biaya berlangganan kami bisa serendah hingga di bawah 1 dollar per tahun” seperti dikatakan oleh CEO SIGFOX Ludovic le Moan pada konferensi LeWeb. Selain itu harga hardwarenya pun juga sangat murah: harga chip / module untuk komunikasi juga hanya 1 dollar.

Jaringan untuk komunikasi data dari device – device ini ke internet juga sangat murah / terjangkau untuk dibangun, ditambahkan le Moan.
“Hanya dengan beberapa juta euro, kami mampu menjangkau seluruh negera”

Konsumsi listrik yang rendah juga menjadi bagian penting dari suatu device. Device yang menggunakan teknologi SIGFOX hanya mengkonsumsi 50 microwatt listrik untuk komunikasi 1 arah atau 100 microwatt untuk komunikasi 2 arah. Sebagai perbandingan komunikasi seluler membutuhkan hingga 5.000 microwatt.

Sebagai tambahan, berikut tabel spesifikasi SIGFOX

Specification/featureSIGFOX Support
FrequencyUnlicensed ISM Band
868 MHz(Europe)
915 MHz(USA)
Range30 to 50 Km (Rural areas)
3 to 10 Km (Urban areas)
Throughput100 bps
Payload size to be transmittedVery less(about 12 bytes)
Power consumptionVery less, for example, energy meter in SIGFOX will consume 50 microwatts while in GSM cellular system it consumes 5000 microwatts
Stand by time for 2.5Ah batteryIt takes 20 years in SIGFOX, while GSM cellular takes very less about 0 to 2 years
uplink/downlinksupports mono as well as bi-directional communication
Frequency HoppingSupported
Security/PrivacySIGFOX employs various techniques to support this

 
Sumber:
For the Internet of things, a cheap but slow network
SIGFOX wireless technology basics in M2M and IoT

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 12 =