10 Solusi IoT Yang Sukses Dalam Implementasi Di Dunia Usaha

Di saat banyak perusahaan masih banyak melakukan PoC untuk mencari celah bagaimana IoT dapat memberikan nilai lebih untuk operasional perusahaan, beberapa aplikasi IoT terbukti telah cukup matang dan memberikan impact langsung untuk perusahaan. Berikut adalah 10 contoh dari aplikasi IoT yang dimaksud:

  1. Infrastruktur transportasi

    trafficDengan penempatan sensor di beberapa titik jalan raya dan rel kereta api memampukan pengguna untuk memonitor kondisi dari infrastruktur, termasuk di dalamnya adalah kondisi kemacetan jalan. Informasi yang dikirimkan oleh sensor IoT ini dapat langsung dinikmati oleh pengguna jalan raya untuk melihat seberapa parah kondisi kemacetan jalan raya sekaligus memberikan rute alternatif. Selain itu data yang dikirimkan oleh sensor – sensor ini juga dapat memberikan prediksi kapan  kerusakan jalan bisa terjadi sehingga mempercepat penanganan bahkan sebelum kerusakan itu terjadi

  2. Keamanan pengiriman barang – barang yang sensitif / penting
    Pengiriman barang – barang tertentu seperti makanan dan kebutuhan media membutuhkan penanganan yang lebih, dimana temperatur dan kelembaban harus dikontrol sedemikian rupa, tidak lupa kontainer harus di-isolasi dari lingkungan luar dengan baik. Apabila kondisi (temperatur dan kelembaban) kontainer tidak sesuai yang diharapkan, sensor dapat mengirimkan notifikasi kepada kantor pusat untuk mengambil langkah – langkah yang diperlukan.
  3. Pelacakan pengiriman 
    Perusahaan besar logistik menggunakan truk – truk besar yang telah diperlengkapi dengan sensor – sensor tertentu, yang memungkinkan truk – truk ini dilacak dalam perjalanannya, sekaligus memberikan informasi rute alternatif yang mungkin bisa diambil apabila kondisi jalan tidak baik.
    Pada berbagai kasus, sensor – sensor ini dapat melacak kecepatan kendaraan, gaya mengemudi dari pengemudi, dsb. Data – data ini tentu saja sangat bermanfaat sebagai bahan analisa bagaimana seorang pengemudi mengemudikan kendaraannya di jalan. Perusahaan bisa mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjamin keamanan pada proses pengiriman barang.
  4. Monitoring, diagnosa dan perawatan peralatan operasional pabrik
    Perusahaan – perusahaan manufaktur mulai mengimplementasikan standard – standard operasional modern, termasuk di dalamnya adalah memperlengkapi pabrik dengan berbagai sensor yang dapat memberikan notifikasi dan peringatan apabila suatu komponen pada mesin, kondisinya mulai tidak baik. Dengan adanya fasilitas seperti ini, perusahaan dapat mengelola penanganan perawatan mesin dengan lebih baik, karena dapat mengatur mesin lain yang dapat menggantikan mesin yang akan masuk perawatan sehingga terhentinya proses produksi tidak perlu lagi terjadi.
  5. Lampu penerangan jalan (PJU) yang cerdas
    Lampu penerangan jalan yang cerdas mampu berkomunikasi dengan pengelola utilitas kota, mampu mengirimkan data energi yang dikonsumsi dan mampu melakukan beberapa penyesuaian seperti mengatur terang lampu menjadi lebih terang apabila sedang hujan deras dan berkabut dan kebalikannya mengatur lampu menjadi lebih gelap apabila kondisi malam hari yang cukup terang (bulan purnama).
    Kemampuan untuk melakukan kontrol ini menguntungkan secara ekonomis karena mengurangi biaya konsumsi listrik.
  6. Pesawat tanpa awak
    Drone RestrictionsDrone atau pesawat tanpa awak yang diperlengkapai dengan sensor, yang digunakan oleh perusahaan yang mengeksplorasi minyak dan gas, perusahaan pertambangan dan perusahaan agribisnis mampu mengirimkan data – data monitoring yang dahulu tidak dimungkinkan karena akses menuju daerah yang buruk. Kemampuan seperti ini sangat menghemat waktu dan meminimalisir resiko keamanan yang mungkin terjadi apabila monitoring dilakukan secara manual yaitu mengirimkan orang untuk mengambil data.
  7. Pelacakan pengiriman barang
    Di beberapa area di dunia dimana kasus pencurian yang terjadi pada saat truk sedang mengirimkan barang dan kemudian barang hasil curian tersebut dijual ke pasar gelap membuat perusahaan logistik dan transportasi memutuskan untuk memasangkan sensor IoT pada paket yang sedang dikirimkan. Ada fakta yang cukup menarik bahwa pada saat sensor ini dipasangkan pada paket yang akan dikirim, tingkat pencurian langsung turun dari 50% menjadi hanya 4%.
  8. Energi monitoring untuk perumahan dan perusahaan
    Pemilik rumah dan perusahaan mulai mengimplementasikan monitoring energi dengan bantuan dari pemasangan sensor – sensor IoT. Peralatan ini membantu mereka untuk mengontrol langsung konsumsi energi / listrik, baik itu untuk penggunaan rumah tangga, bisnis / pabrik hingga data center.
  9. Pelacakan mobile device (handphone, tablet, dsb)
    Pada tahun 2014, dilaporkan sebanyak 10 juta mobile device hilang di Inggris (ya, hanya di Inggris sendiri). Untuk skala yang lebih luas, tentunya jumlah ini akan lebih fantastis. Dengan penggunaan sensor tertentu yang dapat diaktifkan pada saat terjadi kehilangan memungkinkan setidaknya mencegah jatuhnya data pada mobile device tersebut kepada pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab.
  10. Monitoring keamanan / pelacakan kepada pasien penderita Alzheimer
    Bagi penderita Alzheimer atau gangguan kejiwaan lainnya, pelacakan melalui sensor IoT apabila orang tersebut keluar rumah dan tidak bisa kembali lagi ke rumah tentu sangat membantu. Sebagai tambahan sensor IoT ini juga dapat dipasangkan pada benda – benda yang berpotensi berbahaya, sebagai contoh sensor ini dapat dipasangkan pada kompor gas.

Sumber: 10 ways IoT is making successful inroads into business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =