Electron, Board IoT Mini Dengan Modul Selular

Masih dari berita peluncuran produk IoT.

Particle.io telah meluncurkan Electron, sebuah IoT board yang kompatibel dengan Arduino yang ditujukan untuk aplikasi mesin-ke-mesin (M2M). Board Electron ini memungkinkan device IoT yang lokasinya jauh, tetap dapat berkomunikasi walaupun tidak ada koneksi WiFi, namun memiliki koneksi 2G atau 3G. Board Electron ini merupakan penerus dari board Photon, yaitu board serupa namun menggunakan WiFi untuk komunikasi.

Tiap paket Electron akan disertai dengan sebuah SIM (subscriber identity module) yang memungkinkan komunikasi nirkabel / wireless 2G atau 3G, yang telah tersedia di lebih dari lebih dari 100 negara. Untuk memfasilitasi device untuk tetap terhubungkan dengan internet, Particle telah resmi menjadi MVNO (mobile virtual network operator) untuk perangkat keras / device yang terkoneksi ke internet melalui jaringan selular.
Pengguna juga mampu mengontrol koneksi internet via jaringan selular ini melalui dashboard yang disediakan oleh Particle. Dashboard ini juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol device, SIM itu sendiri dan memantau berapa besar data yang telah dikonsumsi.

Inti dari board Electron ini adalah STM32 ARM Cortex M3, sebuah mikrokontroller 32-bit.
Berikut fitur – fitur dari board Electron:

  • Dimensi yang pas untuk dipasangkan di breadboard / board untuk prototyping
  • Software kompatibel dengan board Photon
  • Telah tersertifikasi FCC/CE/IC/PTCRB
  • STM32F205 ARM Cortex M3
  • 1MB Flash, 128K RAM
  • Modem selular: u-blox SARA G350/U260/U270
  • Memiliki total 36 pin: 28 GPIOs (D0-D13, A0-A13), plus TX/RX, 2 GNDs, VIN, VBAT, WKP, 3V3, RST
  • Dimensi / ukuran dari board Electron: 2.0″ x 0.8″ x 0.3″ (0.5″ termasuk headers)
  • Open source

Tambahan yang tidak kalah penting, seperti dikutip dari Ars Technica:

Sebagai tambahan selain Wiring (application framework yang digunakan oleh Arduino), developer juga dapat menulis kode program untuk Electron dengan bahasa C, C++ atau bahkan assembly (ARM) untuk mendapatkan akses lebih dekat lagi ke hardware. Juga tersedia Particle.js, sebuah implementasi dari JavaScript framework: Node.js, yang dapat berjalan di Electron.

Website Particle menggarisbawahi penggunaan dari development tools yang telah tersedia untuk membangun aplikasi yang berjalan di atas Particle.
Selain itu Particle juga menyediakan dokumentasi tentang bagaimana melakukan setup, penggunaan Electron, bagaimana membangun aplikasi untuk Electron dan termasuk di dalamnya bagaimana memanfaatkan API yang telah disediakan oleh Particle.
Tidak kalah pentingnya adalah komunitas Particle yang tersedia, yang dapat dimanfaatkan untuk bertanya dan berinteraksi dengan sesama developer yang sedang membangun aplikasi di atas Electron atau produk dari Particle lainnya.
Sumber: Particle.io Ships the Electron, a Small Cellular IoT Board

Tambahan dari MisterIOT, khusus Indonesia Particle bekerjasama dengan XL Axiata sebagai local carrier.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 8 =