Solusi IoT Untuk 40.000 Titik Lampu Penerangan Jalan

San Jose, sebuah kota dengan populasi 1.1 juta orang akan memulai proyek raksasa untuk lampu penerangan jalan atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan istilah PJU.


Proyek raksasa ini sendiri sejatinya telah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Sekitar 23.000 titik PJU telah berhasil dipasang, namun fase ke-2, yaitu pemasangan untuk 40.000 titik PJU tambahan terkendala dengan pendanaan.

Untuk tahap ke-2 ini, pemerintah kota San Jose membuka penawaran kepada perusahaan yang berkaitan, seperti perusahaan penyedia lampu LED, telekomunikasi dan teknologi, dst. Secara resmi penawaran ini dibuka pada tanggal 3 Agustus 2015 pada konferensi perdana City’s RFP. Yang menarik dari undangan ini adalah perusahaan – perusahaan diundang untuk mengajukan model kerjasamanya.
Potensi yang langsung terbayangkan oleh saya adalah pemasangan CCTV, micro BTS, berbagai jenis sensor (pengukuran densitas/kerumunan orang, temperatur, dsb), dan yang paling menarik tentunya adalah pemasangan media iklan! (bayangkan potensi yang bisa diambil dari 40.000 titik iklan)

Model kerjasama seperti ini tentunya sangat menarik untuk diterapkan juga di Indonesia. Kedua belah pihak, baik pemerintah kota/kabupaten senang karena tidak mengeluarkan uang untuk investasi PJU, namun di sisi lain perusahaan tetap mendapatkan keuntungan (tidak secara langsung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + eleven =